Menu "Klik Kanan" Windows Diperbarui Setelah 20 Tahun, Begini Tampilannya

Kompas.com - 22/11/2021, 16:10 WIB
Ilustrasi Windows 11. Windows ReportIlustrasi Windows 11.

KOMPAS.com - Mulai 5 Oktober lalu, Microsoft secara bertahap menggulirkan sistem operasi terbaru Windows 11 kepada penggunanya yang memiliki perangkat kompatibel.

Perubahan yang dibawa Windows 11 adalah perombakan besar-besaran pada antarmuka atau user interface (UI). Contohnya adalah menu start dan baris taskbar yang sekarang berada di bagian tengah, mirip seperti antarmuka di macOS dari Apple.

Tak hanya bagian menu start dan taskbar, Microsoft juga akhirnya merombak tampilan dan fitur "klik kanan" atau context menu di Windows 11 setelah 20 tahun lamanya. 

"Klik kanan" sendiri merupakan cara untuk membuka jalan pintas guna mengakses berbagai menu pada sebuah file atau folder. Mulai dari opsi membuka (open), menghapus (delete), mengedit, print, dan lain sebagainya.

Kini, tampilan menu "klik kanan" di Windows 11 terlihat jauh lebih minimalis dan lebih segar dari sebelum-sebelumnya, termasuk dari yang ada di Windows 10.

Sebab, beberapa menu "klik kanan" telah disederhanakan dan diganti dengan ikon fungsional, seperti ikon menyalin (copy) hingga menghapus (delete) file atau folder.

Baca juga: Menengok Tampilan Antarmuka Windows 11, Apa Saja yang Baru?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbandingan tampilan klik kanan sebelum dirombak, yakni pada Windows 10 (kiri) dan setelah dirombak pada Windows 11 (kanan). Kini, tampilan klik kanan di Windows 11 jadi lebih minimalis.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Perbandingan tampilan klik kanan sebelum dirombak, yakni pada Windows 10 (kiri) dan setelah dirombak pada Windows 11 (kanan). Kini, tampilan klik kanan di Windows 11 jadi lebih minimalis.
Sebelumnya, di Windows 10 misalnya, klik kanan menampilkan semua opsi menu dalam satu jendela penuh. Mulai dari opsi membuka file (open), edit, print, mengubah nama (rename), menyalin (copy), hingga membuka properties seperti gambar di atas.

Secara tampilan, opsi klik kanan versi sebelumnya lebih padat karena seluruh menu ditampilkan sekaligus.

Nah, di Windows 11, tampaknya Microsoft ingin memberikan tampilan yang lebih segar pada opsi klik kanan tersebut.

Salah satu caranya ialah mengubah opsi yang sering digunakan pengguna seperti copy, cut, delete, share, dan rename menjadi sebuah ikon.

Halaman:


Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.