5 Aplikasi dan Website untuk Menghitung Zakat

Kompas.com - 20/04/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Di bulan Ramadhan, umat muslim tidak hanya menjalankan ibadah puasa, melainkan juga menunaikan zakat atau bagian harta yang wajib dikeluarkan umat Islam, untuk diberikan pada kelompok yang berhak menerimanya.

Biasanya, umat muslim akan menunaikan zakat saat mendekati hari Idulfitri atau Lebaran, yang biasa juga dikenal dengan zakat fitrah.

Baca juga: 3 Aplikasi buat Lihat Kemacetan Lalu Lintas saat Mudik Lebaran 2022

Selain zakat fitrah, ada pula jenis zakat lain seperti zakat mal (zakat harta), yang harus dikeluarkan umat muslim saat telah memenuhi nisab (batas minimal kepemilikan harta yang wajib dikenakan zakat).

Sebelum menunaikan zakat, umat Muslim umumnya bakal melakukan penghitungan besaran harta yang wajib dikeluarkan. Menghitung zakat tidak boleh dilakukan secara sembarangan, harus sesuai dengan ketentuan atau syariat Islam.

Bagi sebagian umat Muslim, menghitung zakat bukanlah perkara yang mudah. Anda juga merasa kesulitan menghitung zakat? Tenang, tak usah terlalu khawatir. Kini, Anda bisa menghitung zakat hanya lewat layar ponsel.

Terdapat beberapa aplikasi dan website penghitung zakat yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi dan website penghitung zakat itu memiliki fitur utama untuk menghitung zakat, dimana pengoperasiannya mengacu pada syariat Islam.

Dengan menggunakan aplikasi dan website tersebut, Anda tidak perlu kebingungan lagi saat hendak menunaikan zakat. Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan lima aplikasi dan website penghitung zakat.

1. Kalkulator zakat Kompas.com

Ilustrasi website penghitung zakat Kompas.comKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi website penghitung zakat Kompas.com

Portal media Kompas.com memiliki kanal website dengan fitur utama kalkulator zakat. Tampilan kanal website kalkulator zakat dari Kompas.com cukup sederhana, sehingga dapat dioperasikan dengan mudah.

Untuk mulai menghitung zakat, caranya kunjungi kanal website Kompas.com berikut https://www.kompas.com/ramadhan/kalkulator-zakat, lewat browser di laptop atau ponsel.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.