BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Bisakah Flagship Smartphone Digunakan untuk Bikin Film? Ini Kata Riri Riza dan Agan Harahap

Kompas.com - 25/08/2022, 11:45 WIB

KOMPAS.com – Dewasa ini, flagship smartphone sudah dibekali lensa kamera serta fitur video dengan kualitas yang dinilai setara kamera profesional.

Berbagai teknologi terkini, seperti artificial intelligence (AI), pun disematkan untuk menambah kinerja kameranya, baik untuk memotret maupun merekam video.

Dengan segala teknologi tersebut, bisakah smartphone premium seperti Oppo Find X5 Pro 5G digunakan untuk membuat film pendek?

Sutradara kenamaan asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Riri Riza memastikan bahwa teknologi smartphone yang ada saat ini bisa digunakan untuk membuat film. Ia sendiri menggunakan flagship terbaru dari Oppo, yakni Find X5 Pro 5G.

Smartphone tersebut ia gunakan untuk merekam adegan kompleks dengan workflow dan sistem yang rumit.

Oppo Find X5 Pro 5G, kata Riri, juga bisa dipakai untuk menggali kreativitas dalam dunia film. Misalnya, mencari angle atau sudut pengambilan gambar menarik sebelum diaplikasikan dalam film.

“Kita harus bisa memanfaatkan kehadiran teknologi dalam karya yang dihasilkan,” kata Riza dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com.

Riza pun mencontohkan teknologi terbaru pada Oppo Find X5 Pro 5G yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan film, yakni Hasselblad Natural Color Calibration yang mengandalkan sensor warna 13-channel baru.

Film ?Epic? karya Agan Harahap bersama Riri Riza yang ditangkap dengan kamera OPPO Find X5 Pro Dok. Oppo Film ?Epic? karya Agan Harahap bersama Riri Riza yang ditangkap dengan kamera OPPO Find X5 Pro

Berkat fitur dari Hasselblad tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video dengan warna yang lebih realistis dan akurat.

“Kualitas dan teknologi canggih yang ada pada Oppo Find X5 Pro 5G dapat menjadi angin segar bagi para sineas muda. Utamanya, bagi yang ingin berkarya dengan peralatan minimalis, tapi menginginkan hasil maksimal,” jelas Riza.

Visual artist asal Jakarta, Agan Harahap, pun sepakat dengan Riza. Menurutnya, teknologi yang ada pada flagship smartphone terbaru Oppo tersebut membuat eksperimen dalam menghasilkan karya seni menjadi tidak terbatas.

Agan sendiri tertarik pada fitur 5-Axis optical image stabilization (OIS) yang disematkan pada smartphone tersebut. Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (19/8/2021), teknologi 5-Axis OIS menawarkan stabilisasi hingga tiga derajat atau tiga kali lebih besar ketimbang teknologi OIS konvensional.

Teknologi tersebut diklaim 65 persen lebih baik dalam meredam goyangan pada kondisi minim cahaya. Berkat fitur tersebut, Oppo Find X5 Pro 5G mampu menghasilkan video yang lebih stabil, akurat, dan berkualitas tinggi.

"Fitur 5-axis OIS dapat mengurangi efek handshake, noise, dan mempertajam hasil gambar saat merekam video. Tentu saja hal ini membuat hasil rekaman terlihat lebih cantik dan stabil. Apa pun obyeknya, kemampuan Oppo Find X5 Pro 5G dalam menangkap gambar membuat karya yang dihasilkan menjadi lebih indah berkat hasil yang tajam dan suara yang jernih,” terang Agan.

Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G dengan Kamera Hasselblad.Dok. Oppo Smartphone Flagship OPPO Find X5 Pro 5G dengan Kamera Hasselblad.

Selain Hasselblad Natural Color Calibration dan 5-axis OIS, Oppo Find X5 Pro 5G memiliki fitur 4K AI Night Video untuk mendukung kemampuan videografi pada kondisi minim cahaya, seperti malam hari.

Sebagai informasi, Oppo Find X5 Pro 5G merupakan smartphone pertama yang memiliki fitur tersebut. Fitur 4K AI Night Video dapat menghasilkan video beresolusi 4K dengan 60 frame per second (fps). Saking jernih, video yang dihasilkan fitur tersebut seolah terdiri dari foto-foto yang diambil menggunakan mode malam.

Fitur berikutnya yang mendukung untuk membuat film adalah AI Highlight Video dan Ultra Steady Pro. Dua fitur ini dapat membuat video yang dihasilkan tak sekadar jernih dan kaya warna, tetapi juga stabil.

Kamera dan NPU khusus

Selain fitur videografi, kemampuan perekaman video yang dimiliki Oppo Find X5 Pro 5G juga ditunjang oleh kualitas lensa kamera yang ada pada smartphone tersebut.

Untuk diketahui, kamera pada Oppo Find X5 Pro 5G dibekali dengan dua sensor flagship dari Sony, yakni IMX766 beresolusi 50 megapiksel (MP). Sensor ini mampu mengambil gambar dalam kondisi yang minim cahaya.

Hasil kamera Oppo Find X5 Pro 5G yang dilengkapi fitur Hasselblad Natural Color Calibration. Dok. Oppo Hasil kamera Oppo Find X5 Pro 5G yang dilengkapi fitur Hasselblad Natural Color Calibration.

Tak hanya itu, sebagai smartphone kelas flagship, Oppo Find X5 Pro 5G juga didukung dengan neural processing unit (NPU) khusus yang dibuat oleh Oppo, yakni MariSilicon X. NPU ini merupakan hasil kerja sama Oppo dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

NPU dengan arsitektur 6 nanometer (nm) tersebut berfungsi untuk mengolah gambar dan video yang ditangkap lensa kamera dengan lebih cepat, tetapi tidak boros daya. Proses yang cepat dan hemat daya ini bisa dimiliki berkat dukungan subsistem memori khusus dengan bandwidth sampai 8,5 gigabyte per second (Gbps).

Berkat subsistem itu, MariSilicon X mampu melakukan pemrosesan citra hingga 18 triliun operasi per detik (TOPS). Pemrosesan tersebut juga disertai efisiensi daya mencapai 11,6 TOPS per watt (w).

MariSilicon X juga dibekali algoritma berbasis artificial intelligence noise reduction (AINR) yang dapat menjaga kualitas piksel dan detail skin tone pada foto dan video. Dengan demikian, warna hasil foto dan video Oppo Find X5 Pro 5G terlihat lebih halus dan akurat.

Selain itu, MariSilicon X juga mampu mendeteksi dan mengurangi noise pada setiap gambar yang diambil. Berkat NPU ini, perekaman video Oppo Find X5 Pro 5G memiliki performa 20 kali lebih baik ketimbang pendahulunya, Oppo Find X3 Pro 5G.

Oppo Find X5 Pro 5G dengan dua varian warna, yakni Ceramic White dan Glaze Black.Dok. Oppo Oppo Find X5 Pro 5G dengan dua varian warna, yakni Ceramic White dan Glaze Black.

Tak sampai di situ, NPU itu juga telah didukung dengan sensor red, green, blue, white (RGBW) yang membuat Oppo Find X5 Pro 5G mampu melakukan separasi sekaligus menggabungkan informasi RGB serta sinyal dari warna putih.

Untuk diketahui, Oppo Find X5 Pro 5G dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Adapun pilihan warna yang ditawarkan adalah Ceramic White dan Glaze Black.

Silakan kunjungi tautan berikut untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Find X5 Pro 5G.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.