Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Ditinggal Pengiklan Besar sejak Ada Elon Musk

Kompas.com - 29/11/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk tampaknya sedang pusing. Bisnis Twitter di bawah manajemennya kini tengah bergejolak.

Kini, setengah atau 50 dari 100 pengiklan terbesar di Twitter dilaporkan minggat. Setidaknya begitulah menurut laporan grup non-profit Media Matters for America.

Pengiklan top di Twitter yang berhenti beriklan di antaranya ada AT&T, CNN, Dell, Allstate, DirecTV, HP, Nestle, Coca-Cola, Verizon, General Mills, Volkswagen, dan Wells Fargo.

Laporan outlet media Mashable menyebutkan, perusahaan Chevrolet, Chipotle, Ford, dan Jeep juga ikutan berhenti beriklan di jejaring sosial berlogo burung Larry Bird itu.

Analisis dari outlet media The Washington Post baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari sepertiga pengiklan top Twitter tidak beriklan di platform tersebut dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: Ramai di Twitter Layar HP Tiba-tiba Berubah Jadi Ungu, Apa Sebabnya?

Baru-baru ini, Elon Musk juga mengungkapkan bahwa Apple telah menghentikan sebagian besar iklannya di Twitter.

Deretan nama besar itu tampaknya berhenti beriklan setelah Elon Musk merombak Twitter dengan beragam strategi baru, termasuk soal kebijakan baru, fitur baru, dan moderasi konten baru.

Salah satunya soal langganan Twitter Blue seharga 8 dollar AS yang mencakup benefit centang biru. Layanan ini memicu kekhawatiran pengguna akan banyaknya akun "centang biru" alias verified palsu, yang bermunculan di platform.

Soal moderasi konten, Elon Musk yang menjunjung tinggi kebebasan berbicara juga membuka blokir permanen akun Twitter pribadi mantan Presiden AS Donald Trump.

Padahal, akun Trump diblokir sejak Januari 2021 karena dinilai melanggar kebijakan Twitter dan berisiko melanggengkan kekerasan dan ujaran kebencian, terkait peristiwa kerusuhan di gedung DPR/MPR Amerika Serikat (AS) yang menelan korban jiwa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
Sumber Mashable
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.