Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Oppo Bikin Layar Reno8 T 5G Melengkung

Kompas.com - 08/04/2023, 12:16 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Reno8 T 5G merupakan ponsel terbaru Oppo di Indonesia yang dijual dengan harga Rp 6 jutaan. Dengan banderol tersebut, konsumen bakal bisa mendapatkan ponsel yang dibekali dengan berbagai fitur premium.

Salah satu fitur andalan di Reno8 T 5G adalah layarnya. Secara tampilan, ponsel ini memiliki layar melengkung tiga dimensi, alias 3D Curved berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2412 x 1080 piksel) dan refresh rate 120 Hz.

Dengan jenis panel seperti ini, sisi kiri dan kanan pada layar Reno8 T 5G bisa dibuat melengkung dan tidak rata. Hal ini bertujuan agar bagian depan ponsel tampak mewah dan memiliki bezel yang tipis.

Baca juga: Daftar 10 HP Android Terkencang Maret 2023, Oppo Find X6 Pro Teratas

Supaya layar ini bisa melengkung, Oppo menggunakan teknologi pengemasan yang dinamai Chip on Plastic (COP). Melalui teknologi ini, Oppo akan membengkokkan sisi kiri dan kanan pada layar OLED Reno8 T 5G yang memiliki sifat fleksibel.

Dengan begitu, rasio layar ke bodi bisa ditingkatkan menjadi 93 persen, sehingga tampilan depan ponsel akan terasa seperti layar tanpa tepi (borderless) alias bezel-less yang biasa ada di berbagai ponsel kelas atas (flagship).

Selain dari bagian kiri dan kanan layar, tampilan borderless juga dikontribusi dari bezel bagian atas dan bawah layar yang diklaim cukup tipis.

Oppo Reno8 T 5G memiliki visual yang imersif sekaligus nyaman digenggam.                    Oppo Indonesia Oppo Reno8 T 5G memiliki visual yang imersif sekaligus nyaman digenggam.

Di atas kertas, bezel bagian atas layar Reno8 T 5G berkisar di angka 2,32 mm, sedangkan bezel di bagian bawah memiliki lebar sekitar 2,6 mm.

Sementara untuk bezel di bagian kiri dan kanan, yang mengadopsi tampilan 3D Curved, masing-masing memiliki lebar yang jauh lebih tipis dari bezel atas dan bawah, yaitu berkisar di angka 1,57 mm.

Baca juga: Oppo Reno8 T 5G Punya Fitur Pixelate di Galeri Ponsel, Apa Fungsinya?

Di samping bagian depannya yang memiliki tampilan borderless, layar Reno8 T 5G juga diklaim kokoh lantaran sudah dilapisi dengan kaca pelindung Asahi Glass AGC DT-Star2.

Dengan lapisan layar ini, ponsel yang memiliki dimensi ketebalan sekitar 7,7 mm dan bobot sekitar 171 gram ini diklaim dapat menahan berbagai benturan ketika dipakai dalam berbagai penggunaan. 

Lebih lanjut, tingkat kekokohan layar Reno8 T 5G diklaim sudah teruji dalam 23 tes uji ketahanan, meliputi uji jatuh 1 meter, uji benturan, uji deformasi, uji ketahanan beban, uji ketahanan di lingkungan ekstrem, dan lain sebagainya.

Konsumen bisa membeli ponsel tersebut secara langsung di sejumlah toko resmi Oppo yang tersebar di Indonesia, baik offline maupun online, dengan harga Rp 6 juta untuk varian 8 GB/128 GB atau Rp 6,5 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com