Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bayar Tagihan Listrik Online di HP via PLN Mobile dengan Mudah

Kompas.com - 01/06/2023, 11:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apakah bayar listrik bisa online? Pelanggan pascabayar PLN (Perusahaan Listrik Negara) kini bisa membayar tagihan listrik secara online hanya lewat handphone (HP). Pelanggan perlu untuk mengetahui cara bayar listrik online.

Dengan mengetahui cara tersebut, pelanggan dapat meminimalisir keterlambatan pembayaran tagihan listrik PLN. Sebagai informasi, pelanggan diwajibkan membayar tagihan listrik sebelum jatuh tempo tanggal 20 tiap bulannya.

Baca juga: Cara Perpanjang SIM Online 2023 via Polri Super App serta Syarat dan Biayanya

Pelanggan yang terlambat membayar dapat dijatuhi denda hingga pemutusan akses listrik. Supaya tidak terkena denda tersebut, pelanggan dapat bayar tagihan listrik online. Lantas, bagaimana cara bayar listrik online?

Bayar listrik online sekarang bisa dilakukan melalui beberapa platform, termasuk salah satunya lewat aplikasi yang dikembangkan PLN, yaitu PLN Mobile. Lewat aplikasi ini, pelanggan dapat bayar listrik online di HP kapan saja dan di mana saja.

Sehingga, pelanggan tak perlu repot datang dan mengantre di kantor PLN buat bayar tagihan listrik. Di PLN Mobile, pelanggan juga bisa cek tagihan listrik sebelum membayarnya. Lalu, bagaimana cara cek tagihan listrik via PLN Mobile?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara cek tagihan listrik online via PLN Mobile dan membayarnya.

Cara cek tagihan listrik online

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi PLN Mobile dan pastikan telah login akun.
  • Setelah berhasil masuk, pada halaman awal aplikasi, klik menu “Token & Pembayaran”.
  • Selanjutnya, masukkan nomor meter atau nomor ID pelanggan. Nomor ini bisa dilihat pada perangkat meteran listrik yang terpasang di tempat masing-masing pelanggan.
  • Kemudian, PLN Mobile bakal memunculkan daftar tagihan pelanggan.

Ilustrasi cara cek tagihan listrik online di HP lewat PLN Mobile.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek tagihan listrik online di HP lewat PLN Mobile.

Pada daftar tersebut, pelanggan dapat melihat jumlah tagihan yang harus dibayarkan saat ini. Itulah cara cek tagihan listrik online di PLN Mobile. Setelah melihat tagihan, pelanggan dapat melanjutkan buat bayar listrik online dengan cara sebagai berikut.

Cara bayar listrik online

  • Untuk cara bayar listrik online, detelah muncul daftar tagihan pada aplikasi PLN Mobile, pilih tagihan yang harus dibayar, lalu ketuk “Pilih Tagihan”.
  • Setelah itu, PLN Mobile akan menampilkan detail tagihan.
  • Lalu, klik opsi “Lanjutkan Pembayaran”.
  • Kemudian, pilih metode pembayaran yang tersedia. Pembayaran bisa via transfer virtual account bank dan dompet digital
  • Selesaikan pembayaran sesuai metode yang dipilih.
  • Pelanggan bakal mendapat notifikasi apabila tagihan telah berhasil dibayarkan.

Baca juga: Cara Buat SKCK Online via Aplikasi Super Apps Presisi, Mudah dan Praktis

Cukup mudah bukan cara bayar listrik online di HP via PLN Mobile? Demikianlah penjelasan seputar cara bayar listrik online lewat HP di PLN Mobile, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com