Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Headset AR Apple Vision Pro Punya Fitur Khusus yang Tidak Diumumkan saat Peluncuran

Kompas.com - 25/06/2023, 18:45 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan headset Augmented Reality (AR) pertama perusahaan, yakni Vision Pro. Perangkat ini diperkenalkan Apple dalam konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 5 Juni lalu.

Headset AR itu bakal mulai dipasarkan awal tahun 2024. Sambil menunggu jadwal penjualannya, Apple masih mengembangkan fitur Vision Pro. Salah satunya adalah kehadiran Travel Mode.

Fitur itu sebenarnya belum diumumkan oleh Apple, namun, ketahuan dari Software Development Kit (SDK) visionOS, yaitu sistem operasi (OS) yang bakal dijalankan Vision Pro. Saat ini, OS tersebut baru tersedia dalam versi beta untuk pengembang.

Travel Mode dirancang Apple agar memungkinkan pengguna memakai Vision Pro di pesawat.

"Jika Anda berada di pesawat, Anda harus tetap mengaktifkan Travel Mode agar bisa terus memakai Apple Vision Pro," demikian keterangan di SDK visionOS.

Baca juga: Berbeda dengan Mark Zuckerberg yang Nyinyir, Bos Google Puji Apple Vision Pro

Namun karena keterbatasan pergerakan pengguna di pesawat, beberapa fitur yang didukung Vision Pro tak bisa dijalankan dengan optimal.

Oleh karena itu Apple menghadirkan Travel Mode agar pengguna bisa tetap mendapatkan pengalaman yang nyaman meski di tengah keterbatasan di pesawat.

Jadi apa saja yang akan berubah ketika Travel Mode diaktifkan di Vision Pro? Berikut rinciannya.

Travel Mode di Apple Vision ProApple Travel Mode di Apple Vision Pro

Fitur Awareness dimatikan

Menurut keterangan visionOS, "beberapa fitur Awareness akan dinonaktifkan". Ini menunjukkan bahwa sensor dan fitur tertentu yang bergantung pada kesadaran spasial bakal dimatikan.

Pasalnya di pesawat terbang, jarak antar pengguna serta ruang yang terbatas berpotensi menyebabkan anomali Vision Pro, karena penafsiran antara dunia nyata dan virtual yang kurang akurat.

Nah, dengan menonaktifkan atau membatasi fitur itu, Travel Mode akan membantu memastikan pengguna mendapatkan pengalaman VR yang nyaman.

Persona Digital tak tersedia

Keterangan visionOS juga menunjukkan bahwa "Representasi Anda tidak tersedia saat Travel Mode aktif". Artinya, fitur Persona Digital macam avatar, tidak bisa dipakai dalam mode travel atau pesawat.

Apple belum menjelaskan kenapa fitur ini tidak tersedia. Namun ada kemungkinan alasannya seperti di atas, yaitu karena ruang yang terbatas dan fitur Awareness yang dimatikan, sehingga bakal memengaruhi akurasi dan representasi avatar pengguna.

Akurasi tatapan dikurangi

Mengingat posisi pengguna di pesawat adalah duduk, penempatan Vision Pro mungkin kurang pas dengan posisi semestinya. Kondisi ini kemungkinan bakal memengaruhi perangkat dalam melacak tatapan pengguna, sehingga akurasinya dikurangi.

Kendati begitu, Apple diyakini bakal melakukan penyesuaian di masa mendatang, dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Minggu (25/6/2023).

Baca juga: Saham Apple Pecahkan Rekor berkat Headset AR Vision Pro

Keterangan lainnya dari visionOS menyarankan pengguna untuk tetap diam ketika Travel Mode diaktifkan.

Peringatan ini kemungkinan dipasang agar pengguna tidak banyak bergerak atau membuat gerakan aktif selama berada di pesawat, sehingga bisa membahayakan atau mengganggu penumpang lainnya.

Mengingat Travel Mode masih dalam versi beta, ada kemungkinan Apple akan memberikan pembaruan lebih lanjut guna menyempurnakan fitur tersebut, sebelum akhirnya dirilis ke publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com