Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Lantik Menkominfo Baru Hari Ini?

Kompas.com - 17/07/2023, 07:35 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru hari ini, Senin (17/7/2023) di Istana Negara.

Nama Budi Arie mencuat sebagai kandidat kuat yang bakal mengisi jabatan Menkominfo baru.

Saat ini, Budi Arie menjabat sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes-PDTT) sekaligus Ketua kelompok relawan Pro Jokowi (ProJo).

ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (17/7/2023) pagi, Budi Arie membenarkan dirinya akan dilantik hari ini, namun tanpa merinci jabatan yang akan diembannya.

Baca juga: Mengenal Proyek BTS 4G BAKTI yang Membuat Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka Korupsi

Bila benar dilantik menjadi Menkominfo yang baru, Budi Arie akan menggantikan Mahfud MD selaku pelaksana tugas (Plt) Menkominfo saat ini.

Mahfud MD ditunjuk sebagai pejabat Menkominfo sementara menggantikan Johnny G Plate yang sebelumnya dicopot karena. Plate ditahan karena menjadi terdakwa dugaan kasus korupsi penyediaan menara BTS 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 Bakti Kemenkominfo tahun 2020-2022 pada sejak 18 Mei 2023. 

Selain Budi Arie, Presiden Jokowi kabarnya juga akan melantik sejumlah wakil menteri untuk Kabinet Indonesia Maju pada Senin pagi.

Informasi tersebut disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin pada Minggu (16/7/2023).

"Benar, akan ada pelantikan oleh Bapak Presiden," ujar Bey dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Minggu.

Baca juga: Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo Gantikan Johnny G Plate

Namun, Bey belum menyampaikan rincian untuk jabatan apa saja pelantikan tersebut maupun siapa saja nama-nama yang akan dilantik. Dia meminta publik menunggu perkembangan selanjutnya.

"Tapi untuk jabatan apa dan siapa yang akan dilantik, kita lihat besok (Senin 17 Juli) bersama di Istana Negara," tegas Bey.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah beberapa kali memberikan sinyal terkait rencana perombakan kabinet atau reshuffle.

Pada 26 Juni, Presiden Jokowi memang menyebut memiliki kandidat nama untuk mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com