Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokus Jualan Tablet, Bagaimana Nasib Smartphone Huawei di Indonesia?

Kompas.com - 14/07/2023, 21:58 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Huawei kembali menghadirkan tablet baru di Indonesia, yakni MatePad Air. Tablet yang dirilis Jumat (14/7/2023) ini menjadi tablet ketiga Huawei tahun ini di Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan asal China itu sudah meluncurkan Huawei MatePad SE Kids bulan Februari dan MatePad 11 2023 bulan Mei lalu. Selain tablet, Huawei juga merilis beberapa laptop pada Juni lalu. Lantas, bagaimana dengan produk smartphone Huawei di Indonesia?

Memasuki akhir paruh pertama 2023, Huawei belum juga merilis smartphone anyarnya di Tanah Air. Padahal, sejumlah model smartphone Huawei dirilis di negeri asalnya, China tahun ini.

Model terakhir yang dirilis Huawei di Indonesia yaitu Huawei P50 Pro yang memulai debutnya di Tanah Air pada bulan Februari 2022.

Baca juga: Tablet Huawei MatePad Air Resmi di Indonesia dengan Layar 144 Hz, Harga 8 Juta

Menurut Training Director Huawei Device Indonesia, Edy Supartono, fokus Huawei di Indonesia saat ini memang pada tablet.

"Untuk saat ini kita masih fokus ke tablet," kata Edy usai peluncuran Huawei MatePad Air di Indonesia.

Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia dalam acara peluncuran Huawei MatePad Air di Jakarta, Jumat, 14 Juli 2023.KOMPAS.com/Lely Maulida Edy Supartono, Training Director Huawei Device Indonesia dalam acara peluncuran Huawei MatePad Air di Jakarta, Jumat, 14 Juli 2023.

Kendati begitu, fokus tersebut tidak sekaligus membuat Huawei berhenti menjual smartphone di Indonesia. Edy menegaskan bahwa perusahaannya masih akan merilis smartphone baru di Tanah Air.

"Masih (akan rilis smartphone). Global juga kita masih. Jadi, enggak mungkin kalau kita (Huawei Indonesia) saja yang enggak jualan. Secara kategori, global tetap keluar. Untuk Indonesia stay tune terus," paparnya.

Sayangnya Edy enggan mengungkap kapan jadwal peluncuran smartphone baru Huawei di Indonesia dan model apa yang kira-kira akan dirilis.

Baca juga: Punya Fitur ala Laptop, Tablet Huawei MatePad Air Sasar Mahasiswa dan Kreator

Pangsa pasar tablet Huawei di Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Edy juga mengungkap soal pangsa pasar (market share) tablet Huawei di Indonesia hingga pertengahan tahun ini. Menurut Edy, pangsa pasar tablet Huawei di Tanah Air cukup besar, khususnya di marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

"Market share secara shipment di Indonesia mungkin masih lumayan besar, terutama di e commerce itu bisa lebih dari 50 persen market share-nya," klaim Edy.

Ia juga mengeklaim bahwa pangsa pasar tablet Huawei di Indonesia meningkat dibanding tahun lalu. Namun Edy enggan merinci seberapa besar pertumbuhan pangsa pasar tablet Huawei di Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com