Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noise pada Audio dengan AI, Cepat dan Mudah

Kompas.com - 23/07/2023, 17:46 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini tersedia dalam berbagai bentuk dan bisa dimanfaatkan untuk membantu beragam kebutuhan manusia, salah satunya seperti membantu meningkatkan kualitas audio dari suara bising.

Baca juga: Viral Lagu Bersuara Orang Lain, Begini Cara Bikinnya Pakai AI Voice Generator

Saat melakukan perekaman suara, suara bising atau noise yang datang dari berbagai sumber bisa saja ikut masuk terekam. Alhasil, kualitas audio yang dihasilkan pun menjadi berkurang akibat tercampur dengan noise.

Sebagian besar pengguna mungkin tak mengharapkan adanya noise pada audio, apalagi pengguna yang sedang membuat konten podcast atau rekaman siaran audio. Noise bisa membuat konten podcast menjadi kurang enak didengar.

Untuk mengatasi kualitas audio turun akibat noise, salah satu solusi yang biasa dilakukan adalah dengan menghilangkan suara bising yang mengganggu suara utama. Ada berbagai macam cara untuk menghilangkan noise audio, termasuk menggunakan bantuan AI.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan noise pada audio dengan AI? Di internet, terdapat banyak sekali program AI yang dapat menghilangkan noise pada audio. Dari sekian banyak, pengguna bisa memakai program AI dari Adobe Podcast.

Adobe Podcast menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghilangkan noise pada audio dan meningkatkan kualitas suara di audio. Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menghilangkan noise pada audio via Adobe Podcast.

Baca juga: Cara Bikin Karakter AI Berbicara via D-ID, Bisa Menjadi Seperti Pembawa Berita

Cara menghilangkan noise pada audio

  • Buka website Adobe Podcast ini https://podcast.adobe.com/ dan pilih menu “Enhance Speech”.
  • Selanjutnya, unggah file audio yang hendak dihilangkan suara bisingnya.
  • Setelah mengunggah, Adobe Podcast bakal secara otomatis mengolah audio tersebut.
  • Terakhir, pengguna bisa mendengarkan audio yang sudah diolah di Adobe Podcast dan mengunduhnya.

Ilustrasi cara menghilangkan noise pada audio dengan AI Adobe Podcast.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghilangkan noise pada audio dengan AI Adobe Podcast.

Cukup mudah bukan cara menghilangkan noise pada audio menggunakan Adobe Podcast? Pengguna hanya perlu memasukkan atau mengunggah file audio dengan suara bising dan Adobe Podcast bakal mengolahnya secara otomatis.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan noise pada audio dengan mudah menggunakan AI Adobe Podcast.

Sebagai informasi tambahan yang perlu diketahui, untuk menjalankan proses pengolahan audio di Adobe Podcast, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Pertama, pengguna hanya bisa mengolah audio di Adobe Podcast yang berformat MP3 atau WAV.

Baca juga: 5 Aplikasi AI Voice Generator yang Lagi Ramai buat Ganti Lagu dengan Suara Orang Lain

Kedua, durasi audio yang dapat diolah di Adobe Podcast maksimal adalah 1 jam. Kemudian, ukuran audio tersebut maksimal adalah 500 MB. Fitur menghilangkan noise audio di Adobe Podcast bisa diakses secara gratis.

Akan tetapi, terdapat batas penggunaan per hari, yaitu pengguna bisa mengakses fitur Adobe Podcast secara gratis per hari untuk mengolah audio dengan durasi maksimal 3 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com