Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Membuat HP Android Lama jadi Kelihatan Baru

Kompas.com - 06/08/2023, 13:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Anda yang menggunakan HP Android dalam jangka waktu yang lama tentu tak terlepas dengan rasa bosan. Tak jarang performa HP juga ikut turun alias menjadi lebih lemot. Hal ini yang membuat sebagian pengguna menginginkan mengganti ke ponsel terbaru.

Namun sebenarnya terdapat tips untuk membuat HP Android lama menjadi tampak baru sekaligus performa kembali prima. Bagaimana caranya? Selengkapnya KompasTekno merangkum beberapa tips membuat HP Android lama menjadi terlihat baru.

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan saat Cas HP, Perhatikan biar Baterai Awet

Mengubah wallpaper HP 

Mulai dari tips sederhana yaitu dengan mengganti wallpaper. Cobalah untuk mengganti tema dan wallpaper ponsel Anda berbeda dari sebelumnya. Pilih tema yang berbeda seperti ruang, alam, minimalis, abstrak, atau retro. Anda bisa mencari referensi wallpaper home screen HP melalui galeri ponsel atau media sosial Pinterest.

Memperbarui sistem operasi HP

Ponsel lemot dan memiliki tampilan yang itu-itu saja, bisa jadi sistem operasi HP Anda belum diperbarui. Maka dari itu cobalah untuk memperbarui sistem operasi HP agar mendapatkan tampilan terbaru.

Contoh saja pada ponsel Xiaomi Redmi Note 10S, pembaruan bisa dicek di "Pengaturan > Tentang Ponsel > Kemudian klik pembaruan". Tak hanya memberikan tampilan atau User Interface (UI) ter-update, pembaruan sistem operasi dapat mengatasi bug dan meningkatkan keamanan ponsel.

Ganti pelindung layar

Selain memperbarui sistem operasi, Anda bisa memperhatikan perangkat hardware ponsel. Salah satunya mengganti pelindung layar HP. Pelindung layar yang digunakan terlalu lama biasanya sudah mulai rusak, retak, atau buram. Maka dari itu Anda bisa mengganti pelindung layar terbaru di service center maupun toko online pilihan Anda.

Ganti case HP

Selain mengganti pelindung layar, opsi lain yang bisa Anda coba adalah mengganti case HP baru. Saat ini terdapat berbagai model case HP yang bisa Anda beli untuk mengganti pelindung HP lama. Bahkan beberapa toko menyediakan case custom yang bisa didesain sesuai kehendak.

Bersih-bersih media

Salah satu cara untuk membuat HP Android tampak baru adalah dengan menyegarkan penyimpanan. Cobalah mengecek beberapa penyimpanan media Anda. Selanjutnya mulai melakukan filter dengan menghapus foto, video, atau musik yang sudah tidak penting atau sudah tidak digunakan lagi.

Melalui pembersihan penyimpanan, storage ponsel akan terasa lega dan membuat kinerja HP tidak lemot lagi.

Menghapus aplikasi yang tidak diperlukan

Mirip dengan poin sebelumnya, apabila Anda memiliki aplikasi yang lama tidak digunakan cobalah untuk menghapus aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi yang tidak penting dan terhapus cukup membantu melegakan penyimpanan, sehingga performa HP Android kembali lancar layaknya baru.

Memperbaiki fitur hardware yang rusak

Apabila terdapat fitur hardware yang rusak, misalnya layar yang sedikit retak atau tombol yang kurang responsif maka Anda dapat menuju service center. Perbaiki beberapa fitur hardware yang rusak sehingga dapat berfungsi normal seperti HP baru.

Baca juga: Bug di iPhone Bikin Orangtua Susah Atur Waktu Anak Main HP

Itulah tips membuat HP Android lama terlihat baru. Bagi Anda pemilik HP Android Xiaomi, untuk memperbarui sistem operasi dapat mengikuti tutorial di artikel "Cara Mengecek dan Update OS Android ke Versi Terbaru". Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com