Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 01/08/2023, 11:24 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kesalahan dalam mengisi daya atau cas pada handphone bisa mengakibatkan kesehatan baterainya menurun. Untuk diketahui, kesehatan baterai atau battery health merupakan tingkat kemampuan baterai menyimpan daya sebelum perlu dicas kembali.

Battery health berpengaruh pada umur atau masa pakai baterai sebelum perlu diganti. HP bisa menyimpan daya secara optimal dengan tingkat battery health yang tinggi. Jika kesehatan baterai buruk maka HP tidak bisa dipakai dengan durasi yang optimal.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Battery Health iPhone agar Tetap Awet

Bahkan, HP bisa mati tiba-tiba karena kehabisan daya dengan cepat. Alhasil, masa pakai baterai telah habis dan pengguna perlu menggantinya dengan yang baru. Supaya baterai awet, pengguna harus memperhatikan cara cas HP yang benar.

Biar baterai awet, dalam cara cas HP yang benar, terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP. Lantas, apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mengecas HP? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP

Hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP biar baterai awet

1. Menggunakan cas tidak asli

Hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP pertama adalah menggunakan cas abal-abal atau tidak asli. Perangkat cas yang tidak asli tak bisa dipastikan apakah memiliki atau tidak output tegangan yang sesuai dengan kemampuan baterai.

Cas dengan output tegangan listrik yang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan kemampuan baterai dapat membuat kesehatan baterai HP berkurang. Oleh karena itu, pastikan selalu menggunakan cas asli atau cas bawaan HP.

2. Cas HP dengan terpapar suhu panas

Penting dicatat, menurut tiga produsen HP kenamaan, Apple, Samsung, dan Google (Pixel), musuh utama baterai HP adalah suhu panas ekstrem. Kesehatan baterai bisa berkurang drastis jika HP terpapar suhu panas esktrem.

Sebab itu, hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP berikutnya adalah cas HP dengan terpapar suhu panas. Suhu panas bisa datang dari berbagai sumber seperti cuaca, kondisi lingkungan sekitar, dan tindakan tertentu yang dapat menaikkan temperatur HP.

3. Cas sambil main HP

Ketiga, hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP agar baterai awet adalah cas sambil main HP. Pengguna sebaiknya tidak mengoperasikan HP ketika sedang dalam kondisi mengisi ulang daya.

Mengoperasikan HP untuk bermain game atau mengakses aplikasi berat lainnya, sembari dicas, dapat membuat temperatur HP naik menjadi sangat panas. Sebagaimana dijelaskan di atas, suhu panas sendiri perlu dihindari untuk menjaga agar baterai awet.

Baca juga: Baterai HP Tidak Mengisi saat Dicas? Ini 5 Cara Mengatasinya

4. Memakai case saat cas HP

Case atau pelindung HP dapat membuat suhu panas di area HP terkungkung atau tidak bisa lepas secara optimal. Oleh karena itu, hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP yang keempat adalah memakai case saat mengisi daya.

Pengguna sebaiknya melepas case HP saat mengisi daya supaya suhu panas tidak menumpuk berlebih yang bisa membuat kesehatan baterai menurun drastis.

5. Cas sampai 100 persen saat HP intensif dipakai

Kelima, pengguna sebaiknya menghindari tindakan cas sampai 100 persen saat HP intensif dipakai. Sebab, ketika HP intensif dipakai dalam waktu tertentu, misal untuk edit foto, main game, atau main media sosial, hardware di dalamnya akan bekerja secara ekstra.

Saat hardware bekerja ekstra, suhu HP akan meningkat. Dalam kondisi itu, bila dicas terlalu lama hingga penuh, suhunya bisa meningkat lebih panas lagi. Oleh karena itu, pengguna bisa cas HP sampai 80 persen saja saat tengah dipakai intensif.

Di beberapa HP, seperti iPhone, pengisian daya bisa berhenti otomatis di 80 persen ketika HP terdeteksi terpapar suhu panas akibat intensitas pemakaian yang tinggi. Cas HP sampai 80 persen juga dapat menghindarkan HP terkena tegangan listrik yang tinggi.

Tegangan listrik pada baterai akan secara bertahap meningkat hingga daya penuh 100 persen. Tegangan listrik yang tinggi dapat membebani baterai. Tegangan yang rendah bisa mengurangi beban baterai dan dapat sedikit memperpanjang masa pakai baterai.

6. Menunggu baterai kosong untuk dicas

Hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP yang berikutnya adalah menunggu baterai kosong untuk dicas. Di jenis baterai Lithium-ion yang kebanyakan dipakai HP saat ini, untuk mulai mengecas, pengguna tak perlu membiarkan baterainya kosong 0 persen terlebih dulu.

Baca juga: Kenapa Battery Health iPhone Cepat Turun dan Perlukah Khawatir?

Membiarkan baterai HP kosong terus menerus bisa membuat kesehatannya berkurang signifikan. Pengguna bisa mulai cas saat persentase baterai HP sudah lemah yang biasanya pada angka 20 persen.

Dengan menghindari hal-hal di atas, kesehatan baterai bisa terjaga dan pengguna tak perlu mengganti baterai baru dengan cepat. Itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat cas HP, yang perlu diperhatikan agar baterai tetap awet, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com