Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata 'Moots' Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di TikTok

Kompas.com - Diperbarui 08/08/2023, 06:51 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial dipenuhi dengan berbagai interaksi banyak pengguna dengan beragam bahasa. Bahasa gaul menjadi lebih dominan digunakan dalam komunikasi di media sosial.

Salah satunya kata 'Moots' yang sering muncul di TikTok. Bagi sebagian pengguna Twitter dan TikTok 'Moots' mungkin sudah tidak asing lagi digunakan.

Namun Bagi Anda yang masih bingung, bisa jadi bertanya-tanya arti kata 'Moots' yang sering muncul di media sosial. Untuk itu selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Arti Kata IB, Akronim yang Sering Digunakan di TikTok

Arti kata 'Moots'

Kata 'Moots' dalam bahasa Inggris sendiri memiliki arti 'Diperdebatkan'. Namun tentu dalam penggunaannya di media sosial,  pengguna tidak mengartikan sesuai kamus. Dalam media sosial arti kata 'Moots' justru sangat berbeda dengan arti sebenarnya.

Dilansir dari laman Dexerto, 'Moots' sendiri merupakan kependekan dari kata "Mutualan" yang merujuk pada orang yang Anda ikuti (following) dan mengikuti Anda (followers) di platform tertentu, seperti TikTok dan Twitter.

Kata ini sering digunakan penggguna secara aktif untuk mencari mutualan pada pengguna TikTok atau Twitter dengan minat yang sama. Bahkan sebagian pengguna menulis kata 'Moots' sebagai tagar tertentu dalam caption video atau twit untuk menemukan lebih banyak mutualan.

Mutualan sendiri juga menjadi salah satu bahasa gaul yang sering digunakan warganet. Dilansir dari Cambridge Dictionary, kata ini berasal dari bahasa Inggris yaitu 'Mutual' yang berarti 'Saling'.

Mutualan diartikan sebagai tanda bahwa pengguna menginginkan pertemanan dengan cara saling mengikuti satu sama lain. Hal ini bisa dimaknai bahwa pengguna ingin mengajak pengguna lain untuk saling berteman di TikTok atau Twitter maupun platform media sosial lainnnya. 

Kata 'Mutual' kemudian dikemas lagi dengan singkatan 'Moots' yang memiliki arti sama yaitu 'Mutualan' mengartikan mengajak pengguna saling follow.

Beberapa contoh penggunaan kata 'Moots' dapat dilihat di postingan TikTok dan Twitter berikut ini.

@user2502200111 is it just me??? #moots #mutuals? #fyp #painhub ? MIRRORBALLLLL sped - taylors version

Itulah arti kata 'Moots' yang merupakan singkatan dari 'Mutualan' atau bermakna pengguna yang ingin mengajak saling follow media sosialnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com