Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata IB, Akronim yang Sering Digunakan di TikTok

Kompas.com - 22/07/2023, 15:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna TikTok bisa jadi tak asing lagi dengan istilah atau kata "IB". Kata IB ini biasanya tertulis di caption/deskripsi video TikTok. IB juga ditulis menggunakan huruf kapital maupun kecil yang diikuti dengan handle pengguna lain.

Beberapa pengguna yang masih awam terkadang kurang mengerti arti kata IB yang tersemat di deskripsi video pengguna. Lantas apa arti kata IB dan contoh penggunaannya? Selengkapnya berikut ini penjelasannya.

Arti Kata IB

Dilansir dari laman Dexerto, kata IB merupakan akronim dari "Inspired By" atau bisa diartikan sebagai "Terinspirasi oleh". Umumnya, kreator TikTok yang menyematkan kata IB biasanya membuat videonya karena terinspirasi dari pengguna lain.

Maka dari itu, kata IB selalu diikuti dengan handle pengguna lain. Hal ini juga bermakna bahwa video yang dibuat memiliki referensi dari video pengguna lain. Dengan mencantumkan kata IB, video yang dibuat juga bukan semata menjiplak atau mencontoh kreator lain.

Salah satu penggunaan IB bisa dilihat pada video TikTok berikut ini.

@vtiaraaa_ ib: @el #oreocake #fyp ? Asmalibrasi - Soegi Bornean

Dalam video tersebut, menampilkan pengguna yang membuat kue dengan caption-nya yang tersemat IB @el.  Dengan kata lain video buatannya terinspirasi dari akun pengguna tersebut. IB juga menjadi keterangan referensi pengguna membuat video pembuatan kue tersebut.

Baca juga: Arti Kata QRT, Singkatan yang Sering Dipakai di Twitter

Demikian arti kata IB yang sering digunakan di TikTok. Namun IB juga masih bisa jadi dikaitkan dengan berbagai konteks lain dan memiliki arti berbeda, tergantung pada pembicaraan atau konten yang dibuat oleh pengguna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com