Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata PFP, Istilah yang Sering Digunakan di Media Sosial

Kompas.com - 21/07/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Berbagai istilah dalam media sosial tentu sangat beragam. Mulai dari bahasa slang hingga akronim tertentu. Salah satu istilah yang sering ditemui adalah "PFP". Biasanya istilah ini sering muncul di platform Twitter, Instagram, TikTok, dan juga aplikasi pesan instan seperti WhatsApp.

Sebenarnya, akronim ini memiliki beragam arti tergantung pada konteks pembicaraan yang sedang berlangsung. Namun, penggunaan yang paling umum terkait dengan gambar profil. Berikut ini adalah salah satu penggunaannya.

Lalu, apa sebenarnya arti dari kata PFP? Berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: Arti Kata FOMO Setelah Threads Meluncur yang Ramai di Twitter

Arti kata PFP

Dikutip dari laman Later, PFP merupakan akronim dari "Profile Picture" yang berarti gambar profil. Ini merujuk pada gambar yang digunakan untuk mewakili seseorang di platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok.

Gambar profil umumnya berfungsi sebagai representasi visual dari pengguna dan membantu orang lain mengidentifikasi dengan siapa mereka berkomunikasi. Foto profil juga sering digunakan untuk membangun merek pribadi dan mengekspresikan kepribadian seseorang.

Salah satu contoh penggunaan dapat dilihat dalam contoh di atas. Tweet tersebut menjelaskan bahwa pengguna memiliki gambar profil terbaru yang dibagikan di Twitter.

Selain sebagai gambar profil, sebenarnya PFP juga memiliki arti lain. Menurut Cyber Definitions, PFP bisa berarti "Picture for Proof" yang dapat diartikan sebagai permintaan bukti foto.

Arti ini mirip dengan bahasa slang "PaP" yang berarti "post a picture" yaitu meminta bukti foto dari pengguna lain. Hal ini umumnya digunakan untuk memperjelas konteks percakapan yang dikirimkan oleh pengirim.

Misalnya, saat pengguna sedang mengalami kemacetan di jalan, maka agar penerima pesan mendapatkan informasi yang akurat dan percaya, pengirim akan mengirimkan PFP atau PaP sekaligus.

Baca juga: Arti Kata “Cegil” yang Ramai di Twitter dan TikTok

Namun, perlu diperhatikan bahwa PFP dapat memiliki beragam makna tergantung pada konteks percakapan yang dilakukan antara pengguna. Itulah arti dari istilah PFP yang merupakan singkatan dari "Profile Picture" dan sering muncul dalam berbagai platform media sosial. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com