Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata Provider yang Lagi Ramai di Medsos, Bukan Penyedia Layanan Internet

Kompas.com - 18/07/2023, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, di media sosial (medsos) seperti Twitter, ramai dengan kata “provider”. Keramaian itu muncul setelah artis kenamaan, Prilly Latuconsina, menyebut kata provider dalam sebuah acara talkshow yang membahas mengenai hubungan percintaan.

Baca juga: Arti Kata Tsunami Fakta, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Medsos

Di Twitter, terdapat salah satu pengguna dengan handle @EkaMartha_ yang mengunggah twit berisi potongan video acara talkshow tersebut. Pada potongan video itu, terdapat momen Prilly menyebut kata provider.

Kata tersebut disebutkan Prilly dalam sebuah kalimat yang ditujukan untuk merespons pernyataan pembawa acara. Awalnya, pembawa acara mengatakan, zaman sekarang pasangan laki-laki dalam hubungan berpacaran selalu dituntut.

Lalu, Prilly pun membalasnya dengan mengatakan, tuntutan itu muncul karena pasangan laki-laki sendiri yang ingin selalu bertindak sebagai provider. Ucapan itu kemudian ramai di medsos. Tak sedikit pula pengguna lain yang menanyakan arti provider.

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan provider? Mengingat kata ini tengah ramai di medsos dan tak sedikit pengguna yang bingung mengenai maksudnya, berikut adalah penjelasan soal arti provider.

Baca juga: Arti Istilah “Why We Can’t Go to War Together” yang Ramai di Media Sosial

Arti provider yang ramai di medsos

Secara harfiah, provider merupakan kosakata bahasa Inggris yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya adalah penyedia. Sebagian besar pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan kata tersebut.

Kata provider sehari-hari biasa dipakai untuk menyebut perusahaan yang menyediakan layanan internet. Provider juga biasa digunakan banyak pengguna untuk menyebut penyedia layanan jaringan seluler. Contohnya, misal provider Telkomsel, provider Indosat, dan lainnya.

Akan tetapi, kata provider yang biasa dipahami sehari-hari itu berbeda dengan kata provider yang tengah ramai di medsos. Selain berarti sebagai penyedia layanan internet, kata provider sejatinya juga memiliki makna lain.

Kata provider juga dipakai untuk menyebut suatu peran dalam hubungan percintaan atau keluarga. Pada hubungan tersebut, arti provider adalah seseorang yang mampu menyediakan kebutuhan pasangannya.

Dikutip dari Black and Married with Kids, seseorang yang disebut provider dalam hubungan percintaan atau keluarga tidak hanya berpaku pada kemampuan untuk menyediakan kebutuhan secara finansial.

Baca juga: Arti Istilah “Touch Some Grass” yang Ramai di Twitter Belakangan Ini

Lebih luas lagi, provider dimaknai sebagai seseorang yang mampu menyediakan apa yang dibutuhkan pasangannya dalam berbagai pilihan aspek, termasuk kebutuhan finansial, kebutuhan emosional, dan lain sebagainya.

Dengan arti yang demikian, tak heran bila kata provider dipakai untuk menyebut peran pasangan dalam sebuah hubungan. Demikianlah penjelasan mengenai arti provider yang ramai dibicarakan di medsos belakangan ini, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com