Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Kabel, Konektor Ini Bisa Kirim Daya 600 Watt ke GPU

Kompas.com - 31/08/2023, 15:35 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Konsumsi daya kartu grafis (GPU) PC desktop semakin lama semakin besar. GeForce RTX 4090 yang merupakan produk teratas dari Nvidia, misalnya, bisa menyedot daya hingga 450 watt atau lebih.

Konektor daya PC pun semakin banyak dan rumit untuk mengakomodir kebutuhan listrik GPU, sehingga membuat berantakan dan berbahaya karena menyalurkan daya besar, bahkan hingga meleleh seperti kasus kabel 12VHPWR.

Nah, terkait persoalan itu, sebuah konektor khusus terlihat bisa memberikan solusinya. Dokumen berisi spesifikasi dari konektor tersebut belakangan dibocorkan oleh leaker @momomo_us di Twitter.

Baca juga: GeForce RTX 4000 Kepanasan dan Sampai Meleleh, Nvidia Pasang Konektor Baru

Konektor baru ini disinyalir merupakan pengembangan dari standar konektor High Power Card Edge (HPCE) yang banyak digunakan di industri komputer server. Dengan kata lain, keandalannya telah teruji dan tidak rentan mengalami masalah seperti 12VHPWR.

Bocoran dokumen yang asal muasalnya tidak disebutkan itu menunjukkan bahwa konektor HPCE berbentuk slot kecil yang diletakkan persis di belakang slot PCIe x16 di motherboard.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Hardware, Kamis (31/8/2023), di dalam slot terdapat 16 pin untuk mengirim daya ke GPU dan 12 pin untuk keperluan komunikasi antara GPU dan motherboard.

Konektor HPCE disebutkan bisa mengirim daya hingga lebih dari 600 watt. Dengan kata lain, kemampuannya sama atau lebih tinggi dari konektor kabel 12VHPWR yang banyak dipakai oleh GPU modern.

Karena berbentuk konektor, HPCE pun membebaskan kartu grafis dari kabel-kabel listrik yang mengganggu pandangan dan memperumit proses instalasi.

Konektor HPCE di motherboard Asus. Letaknya persis di bawah tulisan Tuf GamingAsus Konektor HPCE di motherboard Asus. Letaknya persis di bawah tulisan Tuf Gaming

Sebelumnya, konektor HPCE sempat muncul di produk kartu grafis GeForce RTX 4070 dari Asus yang dipamerkan di event Computex, Taiwan, akhir Mei lalu.

Produk ini bebas kabel, tapi mesti dipasangkan dengan motherboard khusus yang juga dibekali konektor HPCE.

Baca juga: Asus Dikabarkan Bersiap Produksi Kartu Grafis Tanpa Kabel Daya

Masih belum jelas siapa lagi pabrikan di luar Asus yang bakal menggunakan konektor HPCE. Namun, tak tertutup kemungkinan bahwa konektor ini menjadi standar pengiriman daya ke GPU di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com