Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Trik Sembunyikan Postingan Instagram dari Orang Tertentu

Kompas.com - 10/09/2023, 14:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Instagram menjadi platform pengguna untuk membagikan berbagai momen. Mulai dari foto maupun video. Saat berbagi postingan secara otomatis pengguna lain atau followers akan mengetahui postingan Anda.

Namun tak jarang sebagian pengguna ingin menyembunyikan unggahannya di beberapa pengguna tertentu. Alasanya pun beragam, umumnya karena hanya ingin diketahui oleh pengikut tertentu saja dan menjaga privasi. 

Tak seperti Instagram Story yang memungkinkan Anda menyembunyikan (hide) sebagian pengguna, fitur postingan IG justru tidak memiliki serupa Stories untuk menyembunyikan postingan dari pengguna tertentu.

Kendati demikian terdapat beberapa cara alternatif untuk menyembunyikan postingan Instagram dari orang tertentu. Apa saja triknya? Selengkapnya berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda coba.

Baca juga: 2 Cara Melihat Postingan Instagram yang Disukai dan Aktivitas Lainnya

Hapus followers dan beralih ke akun pribadi

Salah satu cara paling sederhana untuk menyembunyikan postingan Anda dari followers tertentu di Instagram adalah dengan menghapusnya sebagai pengikut dan mengalihkan menjadi akun privat.

Dengan cara ini, followers yang Anda hapus tidak akan dapat melihat postingan Anda kecuali mereka meminta untuk mengikuti Anda lagi dan Anda menerimanya. Cara menghapus followers buka tab followers > pilih pengguna yang ingin Anda hapus dari daftar pengikut > klik "hapus/delete"

Sebagai informasi metode ini membatasi visibilitas seluruh akun Anda, bukan hanya postingan tertentu. Sedangkan untuk mengubah akun Instagram publik menjadi pribadi berikut ini caranya:

  • Klik menu garis tiga di pojok kanan atas
  • Klik "Pengaturan dan privasi"
  • Gulir ke bawah dan pilih "Privasi akun"
  • Geser toggle ke kanan untuk mengaktifkan akun privat

Mengarsipkan postingan

Anda juga bisa mengarsipkan postingan yang ingin disembunyikan. Pengarsipan membuat postingan tetap tersimpan di akun Anda tetapi menghapusnya dari tampilan publik.

Postingan yang diarsipkan hanya dapat dilihat oleh Anda dan dapat dikembalikan ke profil Anda kapan saja. Untuk mengarsipkan postingan berikut ini caranya:

  • Pilih postingan yang ingin disembunyikan
  • Klik titik tiga di pojok kanan atas postingan
  • Pilih "Arsip/Archive"

Blokir pengguna

Cara terakhir untuk menyembunyikan postingan dari pengguna IG tertentu adalah dengan memblokirya. Ini akan membuat followers tidak dapat melihat postingan seluruhnya milik Anda.

Tak hanya itu pengguna tersebut juga akan kesulitan melihat profil Instagram Anda. Cara memblokir pengguna IG, buka profilnya dan ketuk tiga titik di pojok kanann atas. Selanjutnya blokir dan konfirmasikan pilihan Anda.

Baca juga: 2 Cara Hapus Akun Instagram Permanen Terbaru via HP dan PC

Demikian beberapa pilihan alternatif menyembunyikan postingan Instagram dari pengguna tertentu. Selamat mencoba.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com