Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/09/2023, 10:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Apple diam-diam menyetop produksi (discontinue) iPhone 13 Mini, pasca peluncuran iPhone generasi terbaru iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, dan 15 Pro Max dini hari WIB tadi. 

Pantauan KompasTekno, Rabu (13/9/2023), iPhone 13 Mini tampaknya sudah tidak bisa ditemukan di situs web resmi Apple. Model iPhone 13 yang ada dan masih dijual secara resmi oleh Apple hanyalah iPhone 13 "reguler".

Dengan disetopnya produksi iPhone 13 Mini, hal ini bisa dibilang merupakan akhir dari era iPhone mungil yang diwakili dengan model atau embel-embel "Mini".

Sebab, iPhone 13 Mini merupakan model terakhir yang dimiliki Apple untuk iPhone dengan layar kecil.

Pada era peluncuran iPhone 14, iPhone 13 Mini tak memiliki suksesor dan Apple memilih untuk meluncurkan model iPhone baru dengan layar lebih besar dari iPhone 14 versi biasa, yaitu iPhone 14 Plus.

Baca juga: iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max Resmi, Debut USB-C, Bodi Titanium, dan Action Button

Sekadar informasi, iPhone Mini generasi pertama meluncur pada 2020 lalu dengan nama iPhone 12 Mini. Setahun kemudian alias pada 2021, Apple meluncurkan generasi kedua iPhone tersebut dengan nama iPhone 13 Mini. 

Dengan kata lain, Apple hanya merilis dua generasi iPhone Mini saja, dan tampaknya harus rela menyetop produksi iPhone Mini sepenuhnya sekitar tiga tahun (2023) sejak iPhone Mini generasi pertama dirilis. 

Terkait iPhone 13 Mini, ponsel ini hadir dengan spesifikasi serupa iPhone 13 versi biasa. Artinya, ponsel ini sama-sama memiliki kamera ganda 12 MP, kamera selfie 12 MP, chipset A15 Bionic, dan sudah menjalankan sistem operasi iOS 15. 

Hanya saja, iPhone 13 Mini, seperti namanya, memiliki layar yang lebih kecil dengan ukuran 5,4 inci. iPhone 13 reguler sendiri memiliki layar 6,1 inci.

Karena lebih kecil, daya baterai iPhone 13 Mini turut dipangkas. Namun, daya baterai ponsel tersebut diklaim lebih awet 1,5 jam dari iPhone 12 Mini. 

Alasan Apple setop jualan iPhone Mini

iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Procnet.com iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro

Apple tidak menyebutkan alasan mengapa pihaknya kini menyetop produksi iPhone Mini, utamanya iPhone 13 Mini sepenuhnya. Namun, ada alasan lain mengapa Apple tampaknya tak suka jualan iPhone Mini, yaitu karena ponsel model tersebut kurang laku di pasaran. 

Indikasi ini mencuat berdasarkan laporan Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) pada 2021 lalu. Kala itu, mereka mengeklaim bahwa iPhone 12 Mini memiliki porsi penjualan terendah, yaitu sekitar 6 persen dari total penjualan seluruh model iPhone 12 Series.

Baca juga: iPhone 15 dan 15 Plus Resmi, Pakai USB-C dan Dynamic Island

Kemudian pada 2022, CIRP kembali merilis laporan terbarunya mengenai iPhone 13. Pada tahun ini, kontribusi iPhone 13 Mini untuk seluruh penjualan iPhone 13 Series malah lebih kecil, yaitu sekitar 3 persen.

Kurang lakunya model iPhone Mini juga bisa jadi dikontribusi oleh kehadiran seri iPhone SE yang bisa didapatkan dengan harga lebih murah, namun dengan hardware yang tetap mumpuni.

Selain itu, pengguna saat ini tampaknya juga lebih memilih ponsel yang memiliki layar besar, bukan kecil, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (13/9/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com