Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chip Mediatek Dimensity 7200 Ultra Resmi, Ini Salah Satu HP Pertama yang Pakai

Kompas.com - 14/09/2023, 11:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Mediatek resmi meluncurkan chipset ponsel kelas menengah ke atas (premium) terbarunya yang dijuluki Dimensity 7200 Ultra.

Seperti namanya, System-on-Chip (SoC) ini merupakan "saudara" dari Dimensity 7200 yang meluncur Februari lalu.

Nah, dengan membubuhkan embel-embel "Ultra", Mediatek mengeklaim bahwa SoC terbarunya ini memiliki peningkatan di aspek performa dan efisiensi daya.

Meski demikian, di atas kertas, spesifikasi chipset Dimensity 7200 dan 7200 Ultra bisa dibilang identik.

Baca juga: MediaTek Bikin Chip Dimensity 3 Nm seperti iPhone 15

Kedua chipset ini dibuat dengan teknologi fabrikasi 4 nanometer (nm) milkk Taiwam Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Di dalam SoC Dimensity 7200 Ultra, terdapat delapan inti (octa core) prosesor (CPU). Kedelapan inti CPU itu terdiri dari dua inti Cortex-A715 (2,8 GHz) dan enam inti Cortex-A510 (2,0 GHz).

Untuk pemrosesan visual, SoC Dimensity 7200 Ultra ditopang dengan unit pengolah grafis (GPU) ARM Mali G610, serta dukungan RAM LPDDR4x dan LPDDR5.

SoC ini juga sudah dibekali dengan chip Mediatek APU 650 untuk menggenjot kinerja kecerdasan buatan (AI), serta chip pemrosesan gambar (ISP) Imagiq 765 untuk meningkatkan kualitas gambar. ISP ini mendukung format gambar 14-bit HDR.

Terkait aspek fotografi, Mediatek Dimensity 7200 Ultra mendukung kamera utama hingga 200 megapiksel (MP) yang mendukung perekaman video 4K dengan frame rate 30 FPS.

Untuk urusan display, chipset Dimensity 7200 Ultra mendukung resolusi layar hingga resolusi Full HD Plus dengan refresh rate hingga 144 Hz.

Baca juga: Review Pasar Chip Ponsel: MediaTek Kuasai 4G, Qualcomm 5G

Fitur pendukung lainnya yang membekali chipset Dimensity 7200 Ultra mencakup dukungan konektivitas 5G (dual standby), Voice over New Radio (VoNR), serta HyperEngine 5.0 yang diklaim bisa meningkatkan performa ponsel ketika bermain game.

Mediatek belum mengumbar kapan chipset ini akan diproduksi massal. Mereka juga tak memberikan informasi ponsel apa yang akan ditenagai dengan chipset ini untuk pertama kalinya.

Namun, Xiaomi, dalam sebuah postingan di akun resmi Weibo mereka, mengatakan bahwa salah satu ponsel kelas menengah terbarunya, yaitu Redmi Note 13 Pro Plus, akan diotaki SoC Dimensity 7200 Ultra.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 12 Pro 4G di Indonesia

Tidak disebutkan kapan ponsel ini akan meluncur. Namun, rumor mengeklaim bahwa Redmi Note 13 Pro Plus, yang kabarnya akan dibekali kamera utama 200 MP, akan meluncur sekitar bulan ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Kamis (14/9/2023).

Kabarnya, kamera utama ponsel ini akan mengusung sensor Isocell HP3 versi "Discovery Edition". Versi ini disebut lebih mumpuni dari Isocell HP3 "reguler", dan hadir di Redmi Note 13 Pro Plus berkat kerja sama antara Samsung dan Xiaomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com