Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link dan Cara Daftar Simulasi CAT BKN buat Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Kompas.com - 16/10/2023, 16:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Peserta seleksi CPNS dan PPPK 2023 (Calon Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja 2023) kiranya perlu mengetahui cara daftar simulasi CAT (Computer Assisted Test) dari BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Baca juga: 10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 resmi berakhir pada 11 Oktober kemarin. Selanjutnya, peserta bakal menghadapi seleksi administrasi dan tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar).

Seperti periode sebelumnya, tes SKD pada CPNS dan PPPK 2023 juga diselenggarakan dengan menggunakan komputer alias CAT. Untuk memudahkan peserta mengenali sistem CAT itu, BKN menyelenggarakan simulasi.

Semua peserta bisa ikut simulasi CAT BKN 2023 untuk mengenali sistem pengerjaan soal yang bakal dihadapi saat hari tes sesungguhnya tiba. Lantas, di mana simulasi CAT BKN 2023 bisa diakses? Bila tertarik ikut, berikut adalah link daftar simulasi CAT BKN 2023.

Link daftar simulasi CAT BKN 2023

Simulasi CAT BKN 2023 ini bisa diikuti oleh semua peserta. Untuk mengikuti simulasi ini, peserta perlu daftar terlebih dahulu. Adapun link daftar simulasi CAT BKN 2023 adalah sebagai berikut:

Lantas, bagaimana cara daftar simulasi CAT BKN buat seleksi CPNS dan PPPK 2023? Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan cara daftar simulasi CAT BKN buat seleksi CPNS dan PPPK 2023 di bawah ini.

Baca juga: Fitur-fitur Web Browser dan Fungsinya dalam Mengakses Internet

Cara daftar simulasi CAT BKN buat seleksi CPNS dan PPPK 2023

  • Buka website ini https://cat.bkn.go.id melalui browser.
  • Selanjutnya, klik menu “Simulasi” dan pilih opsi “Daftar”.
  • Kemudian, isi formulir pendaftaran simulasi dengan memasukkan data diri, seperti nama lengkap, alamat e-mail, tempat dan tanggal lahir, serta membuat password.
  • Setelah itu, klik opsi “Simpan” dan peserta berhasil memiliki akun untuk mengikuti simulasi CAT BKN 2023.
  • Setelah memiliki akun, peserta kini bisa mulai mengikuti simulasi CAT BKN 2023. Caranya kunjungi webiste https://cat.bkn.go.id.
  • Lalu, klik menu “Simulasi” dan pilih opsi “Mulai Simulasi CAT”.
  • Login dengan akun yang tadi telah dibuat.
  • Setelah berhasil masuk, peserta bakal diminta mengerjakan soal-soal sebagai simulasi CAT.

Baca juga: Perbedaan Search Engine dan Web Browser yang Perlu Diketahui

Itulah penjelasan mengenai cara daftar simulasi CAT BKN untuk seleksi CPNS dan PPPK 2023. Supaya terbiasa dengan sistem tes, peserta ada baiknya untuk mengikuti simulasi CAT BKN 2023 ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com