Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus History Google Maps dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 15/10/2023, 13:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui oleh pengguna dalam mengoperasikan Google Maps. Salah satunya adalah panduan mengenai cara menghapus history Google Maps.

Baca juga: Cara Download Peta Google Maps di HP biar Bisa Digunakan secara Offline

Seperti yang cukup umum diketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi. Dalam menjalankan fungsi untuk menunjukkan lokasi ke pengguna, Google Maps menyimpan data history atau riwayat aktivitas pengguna.

Google Maps bisa menyimpan data history atas beberapa aktivitas, salah satunya pencarian lokasi. Jadi, setiap pengguna menelusuri lokasi atau mencari lokasi di Google Maps, aktivitas tersebut bakal tersimpan menjadi data history.

Data riwayat pencarian di Google Maps itu dapat diakses kapan saja. Pengguna bisa mengaksesnya untuk melihat kembali titik lokasi atau alamat yang pernah dicari, tanpa harus memasukkan kembali namanya.

Seiring lamanya penggunaan Google Maps, data riwayat pencarian lokasi dari pengguna bakal menumpuk. Saat sudah menumpuk, pengguna bisa menghapus history Google Maps itu. Lantas, bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps?

Bila hendak menghapus, tetapi belum tahu caranya, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menghapus history Google Maps dengan mudah dan praktis. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Google Maps yang Tidak Akurat dengan Mudah

Cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps

Cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps itu cukup mudah. Pengguna sejatinya hanya perlu mengakses menu pengaturan di Google Maps. Adapun penjelasan soal cara menghapus history Google Maps adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps di HP
  • Kemudian, klik ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas aplikasi.
  • Setelah itu, pilih menu “Settings”.
  • Gulir ke bawah dan klik opsi “Maps history” atau “Histori maps”.
  • Pengguna bakal diarahkan ke halaman pengelolaan history Google Maps.
  • Pada halaman itu, pengguna bisa melihat semua daftar lokasi yang pernah ditelusuri atau
  • dicari di Google Maps dari waktu ke waktu.
  • Untuk menghapus riwayat pencarian di Google Maps, silakan klik opsi “Delete”.
    Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps.
  • Terdapat tiga opsi penghapusan yang bisa dipilih, yaitu pengguna bisa menghapus riwayat pencarian saat ini saja, menghapus semuanya, atau menghapus riwayat pada rentang waktu tertentu.
  • Pada halaman pengelolaan riwayat, pengguna juga bisa mengaktifkan fitur penghapusan riwayat di Google Maps secara otomatis dalam rentang waktu tertentu.

Baca juga: Kenapa Google Maps Bisa Bikin Kesasar? Begini Penjelasannya

Cukup mudah bukan cara menghapus history Google Maps? Dengan cara di atas, pengguna bisa menghapus history Google Maps dengan mudah. Demikianlah penjelasan cara menghapus riwayat pencarian di Google Maps, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com