Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam Software untuk Browsing Internet yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 15/10/2023, 11:35 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam software untuk browsing yang bisa dipakai mengakses internet. Pengguna yang telah terbiasa mengakses internet bisa jadi sudah tak asing lagi dengan software untuk browsing.

Namun, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui macam-macam software untuk browsing. Jika belum tahu, tak usah khawatir. Artikel ini bakal menyajikan macam-macam software untuk browsing yang biasa dipakai mengakses internet.

Baca juga: 10 Game yang Bisa Dimainkan di Google, Gratis dan Dapat Dicoba saat Bosan Browsing

Macam-macam software untuk browsing perlu diketahui supaya pengguna lebih mudah menentukan perangkat lunak mana yang dapat dipakai menjelajah internet. Lantas, apa saja software yang sering digunakan untuk browsing internet?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah rangkuman soal macam-macam software untuk browsing internet yang sering dipakai dan perlu diketahui.

Macam-macam software untuk browsing internet

Untuk diketahui, browsing adalah tindakan menelusuri konten digital di internet, seperti teks, gambar, video, dan berbagai jenis konten lainnya, yang dapat diakses melalui perangkat yang terhubung ke jaringan internet, seperti ponsel dan komputer.

Aktivitas browsing itu bisa berjalan memerlukan beberapa pendukung. Browsing adalah aktivitas menjelajah informasi di internet yang melibatkan setidaknya penggunaan hardware seperti ponsel atau komputer dan software pendukung.

software untuk browsing biasa disebut dengan browser atau web browser. Sebagai informasi, dikutip dari Tech Target, browser merupakan perangkat lunak untuk yang digunakan untuk mengakseshalaman website serta konten online lainnya.

Browser berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan hypertext sistem seperti World Wide Web (WWW), yang memungkinkan pengguna untuk browsing atau mengakses informasi, gambar, video, dan berbagai jenis konten di internet.

Beberapa browser yang cukup populer dipakai, antara lain seperti Mozilla, Chrome, dan Safari. Selain itu, masih terdapat banyak lagi. Adapun macam-macam software untuk browsing internet atau biasa disebut juga dengan web browser adalah sebagai berikut:

  • Google Chrome
  • Microsoft Edge
  • Mozilla Firefox
  • Safari
  • Opera
  • UC Browser
  • Vivaldi
  • Samsung Internet
  • Brave
  • DuckDuckGo

Penjelasan dari tiap-tiap web browser atau software untuk browsing tersebut dapat dibaca lebih lengkap di bawah ini.

1. Google Chrome

Ilustrasi software untuk browsing, Google Chrome.App Store Ilustrasi software untuk browsing, Google Chrome.

Google Chrome merupakan browser internet yang dikembangkan oleh Google. Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diadaptasi ke Android, iOS, Linux, dan macOS.

Saat ini Chrome menjadi web browser paling populer dengan pangsa global lebih dari 50 persen. Untuk mengunduh versi terbaru browser ini, pengguna dapat mengunjungi laman berikut ini.

2. Microsoft Edge

Ilustrasi software untuk browsing, Microsoft Edge.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi software untuk browsing, Microsoft Edge.

Microsoft Edge adalah web yang dikembangkan oleh Microsoft. Web browser ini resmi dirilis pada 29 Juli 2015 dan biasanya hadir menjadi satu paket dalam perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com