Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Ungkap Seri Laptopnya yang Paling Laris di Indonesia

Kompas.com - 24/10/2023, 11:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - HP Inc. menjadi vendor PC terbesar kedua di dunia pada kuartal III-2023, menurut laporan firma riset International Data Corporation (IDC).

Pada periode tersebut, HP tercatat memiliki volume pengiriman (shipment) 13,5 juta unit PC dengan market share sebesar 19,8 persen.

Vice President & Head, Personal Systems Category for Greater Asia, HP Inc., Koh Kong Meng pun berbicara soal pengiriman PC HP untuk pasar Indonesia.

Menurut Koh Kong Meng, laptop HP yang paling laris di Indonesia adalah laptop gaming Victus, karena angka pengirimannya paling banyak dibandingkan seri laptop HP lainnya, pada kuartal itu.

"Mayoritas pengiriman kami untuk Indonesia model HP Victus, laptop gaming yang ditargetkan untuk segmen entry level hingga mid-range," kata Koh Kong Meng dalam sesi 1-on-1 interview dengan KompasTekno di acara SXSW Sydney 2023, Australia, pekan lalu.

Baca juga: HP Omen Transcend 16 Rilis di Indonesia, Laptop Gaming Layar Mini LED

Koh Kong Meng mengungkapkan, laptop gaming Victus tersebut banyak dicari oleh konsumen Indonesia yang HP sebut sebagai "gamer kasual" bahkan gamer pemula. Di Indonesia, laptop HP Victus dijual mulai Rp 14 juta.

HP Victus 15.dok. HP HP Victus 15.
HP Victus menawarkan ukuran layar 15,6 inci dan 16,1 inci dengan prosesor yang beragam seperti Intel Core i5 dan i7 generasi ke-12 dan generasi ke-13. HP Victus juga ditawarkan dengan prosesor AMD Ryzen 5 dan AMD Ryzen 7.

Baca juga: Menjajal Laptop 3-in-1 HP Spectre Fold Seharga Rp 75 Juta di SXSW Sydney

Sebagai laptop gaming, HP Victus juga dibekali pengolah grafis (GPU) seperti Nvidia GeForce RTX 3050, 3060, hingga 4060.

Menurut laporan IDC, pasar PC dunia secara umum menurun sebesar 7,6 persen dari periode yang sama tahun lalu (year-on-year/YoY). Koh Kong Meng tak menampik bahwa pasar PC melemah pasca pandemi Covid-19.

"Meski begitu, HP tetap optimis bahwa konsumen akan terus memiliki permintaan terhadap PC baru, terutama untuk mendukung kerja hybrid, sekolah, dan kebutuhan hiburan," kata Koh Kong Meng.

Vice President & Head, Personal Systems Category for Greater Asia, HP Inc., Koh Kong Meng di acara SXSW Sydney 2023.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Vice President & Head, Personal Systems Category for Greater Asia, HP Inc., Koh Kong Meng di acara SXSW Sydney 2023.
Berbicara soal Tanah Air, kata Koh Kong Meng, Indonesia merupakan salah satu negara berkembang terbesar di dunia dengan populasi 250 juta jiwa. Meski populasinya besar, Indonesia masih memiliki tingkat penetrasi PC yang sangat rendah.

"Jadi, menurut kami, ada banyak peluang signifikan untuk memaksimalkan daya beli konsumen di Indonesia," kata Koh Kong Meng

Salah satunya, HP bakal memasarkan laptop HP Spectre Fold terbarunya di Indonesia pada 30 November 2023. Laptop ini didesain untuk konsumen yang memiliki perilaku hybrid sehingga membutuhkan fleksibilitas.

Baca juga: HP Spectre Foldable Bisa Jadi PC Desktop, Laptop, dan Tablet Sekaligus

Seperti namanya, laptop ini memiliki layar yang fleksibel dan bisa dilipat, dan berfungsi layaknya tiga perangkat berbeda (3-in-1), yakni PC desktop, laptop, sekaligus tablet. Hal ini berkat layar fleksibel yang bisa dilipat menjadi dua dengan skema lipat seperti menutup buku.

HP Spectre Foldable PC ini dilengkapi dengan keyboard magnetik dan stylus (pena digital) magnetik dalam kotak pembelian. Untuk ukuran perangkat 3-in-1, HP Spectre Fold masih memiliki dimensi bodi, ketebalan, dan bobot yang wajar, sehingga enak bisa dibawa mobilitas tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com