Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Legion 9i Resmi, Laptop Gaming 16 Inci dengan "Liquid Cooling" Pertama di Dunia

Kompas.com - 04/09/2023, 08:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Lenovo

KOMPAS.com - Lenovo resmi memperkenalkan laptop gaming terbarunya dari seri Legion, yaitu Legion 9i di pasar global.

Perangkat ini diklaim Lenovo sebagai laptop gaming 16 inci pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi sistem pendingin berbasis air (liquid cooling) terintegrasi. 

Biasanya, sistem pendingin seperti ini membutuhkan sebuah periferal tambahan atau eksternal yang dicolokkan via konektor di laptop.

Pada Lenovo Legion 9i, sistem pendingin yang dirancang bersama Cooler Master tersebut sudah ada di dalam laptop, sehingga pengguna tak perlu khawatir laptop ini kepanasan. 

Sama seperti teknologi liquid cooling pada umumnya, sistem pendingin Lenovo 9i ini akan mengalirkan air di dalam pipa-pipa pendingin laptop ketika sistem mendeteksi temperatur tinggi.

Pendeteksian panas ini mengandalkan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh Lenovo.

Nantinya, ketika suhu unit pengolah grafis (GPU) mencapai sekitar 84 derajat Celcius, maka sistem liquid cooling akan bekerja mendinginkan laptop.

Baca juga: Lenovo ThinkBook Plus Twist Resmi di Indonesia, Laptop Layar Putar 360 Derajat

Ilustrasi sistem pendingin di laptop gaming Lenovo Legion 9i.Lenovo Ilustrasi sistem pendingin di laptop gaming Lenovo Legion 9i.

Teknologi liquid cooling ini juga akan dipadukan dengan sistem pendingin konvensional yang terdiri dari tiga kipas, serta 6.333 lubang ventilasi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam laptop.

Baca juga: Laptop Gaming Lenovo LOQ Resmi di Indonesia, Versi Murah Legion

Spesifikasi Lenovo Legion 9i

Secara desain, Lenovo Legion 9i hadir dengan desain cover atau lid laptop yang dihiasi dengan tekstur karbon. Lenovo mengeklaim setiap unit laptop gaming ini memiliki hiasan karbon yang unik, sehingga laptop Legion 9i antar-pengguna akan memiliki desain lapisan lid berbeda.

Masih soal desain, Layar Lenovo Legion 9i mengadopsi panel Mini LED dengan ukuran 16 inci dan resolusi 3.200 x 2.000 piksel. Layar ini memiliki rasio aspek 16:10, refresh rate 165 Hz, dan response time 3 ms.

Fitur lainnya yang ada di layar laptop gaming ini mencakup dukungan warna DCI-P3, sertifikasi VESA Display HDR dan TUV Rheinland, Dolby Vision, Nvidia G-Sync, serta tingkat kecerahan mencapai 1.200 nit.

Beralih ke sektor performa, Legion 9i ditenagai dengan prosesor (CPU) tertinggi Intel untuk segmen laptop, yaitu Intel Core i9-13980 HX. Prosesor ini memiliki jumlah inti (core) mencapai 24 unit, serta memiliki kecepatan maksimal hingga 5,6 GHz. 

Komponen CPU tersebut dipadukan dengan GPU teratas dari Nvidia, yaitu GeForce RTX 4090 yang memiliki video memory (VRAM) GDDR6 sebesar 16 GB.

Menyoal memori, Legion 9i memiliki konfigurasi RAM DDR5 hingga 64 GB, serta media penyimpanan (storage) SSD NVMe PCIe 4.0 mencapai 2 TB.

Ilustrasi konektor atau port yang menghiasi laptop gaming Lenovo Legion 9i.Lenovo Ilustrasi konektor atau port yang menghiasi laptop gaming Lenovo Legion 9i.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini mencakup cip Lenovo LA-2 AI untuk mengontrol seluruh lampu RGB yang ada di Legion 9i, baterai berkapasitas 99,99 Whr, WiFi 7, Bluetooth 5.3, dan sistem operasi Windows 11.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com