Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konten Instagram Reels Bisa Ditambahi Lirik Lagu, Begini Caranya

Kompas.com - 04/11/2023, 08:01 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Instagram menghadirkan fitur yang sebelumnya sudah ada di Instagram Stories ke Reels. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menambah lirik lagu saat menyunting konten Reels.

Pengumuman fitur baru ini disampaikan langsung oleh CEO Instagram Adam Mosseri dalam kanal Broadcast miliknya di Instagram. Menurut penuturan Mos, fitur menambah lirik lagu ingin memudahkan pengguna mengekspresikan dirinya lewat konten Reels.

“Kami menggelontorkan fitur baru dengan menambah lirik lagu saat Anda menyunting (konten) Reels, sama seperti yang bisa dilakukan di Stories,” jelas Mosseri.

Baca juga: Cara Edit Video TikTok dan IG Reels di Canva, Alternatif Selain CapCut

Instagram menemukan ada banyak pengguna yang menambah visual lirik lagu secara manual ke dalam konten Reels. Nah, guna memudahkan proses editing, Instagram menghadirkan fitur menambah lirik lagu dengan cara yang lebih praktis.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan Mosseri, fitur tambah lirik di Reels memiliki tampilan yang sama dengan Instagram Stories. Ketika menambahkan lirik lagu, pengguna bisa memilih jenis font dan efek transisi yang ingin digunakan.

Ilustrasi fitur tambah lirik lagu di Instagram ReelsInstagram Ilustrasi fitur tambah lirik lagu di Instagram Reels

Mulai dari menampilkan lirik lagu berdasarkan tempo lirik yang dinyanyikan, menampilkan lirik lagu per baitnya, menghadirkan transisi lirik seperti ketikan di komputer, dan masih banyak lagi.

Pengguna Instagram di Indonesia masih harus bersabar sebelum bisa menambahkan lirik ke konten Reels. Sebab, berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (3/11/2023), fitur ini masih belum hadir di Tanah Air.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Kualitas Video IG Reels yang Buram saat Diunggah

Jika sudah tersedia nanti, pengguna bisa mendapatkannya dengan melakukan update aplikasi Instagram di toko aplikasi resmi Google Play Store atau Apple App Store.

Cara menggunakan fitur lirik lagu di Instagram Reels

Dalam kesempatan yang berbeda, CEO Meta (perusahaan induk Instagram) Mark Zuckerberg juga mengungkapkan cara untuk menambah fitur lirik lagu di konten Reels, Berikut ini penjelasannya, seperti dihimpun KompasTekno dari Phone Arena.

  • Pertama-tama adalah menentukan konten yang ingin diunggah ke Instagram Reels.
  • Setelah itu, pilih lagu yang ingin dijadikan sebagai musik latar (music background). Judul lagu yang ingin dipakai bisa diketik langsung di kolom pencarian.Lalu, klik lagu dan tentukan bagian musik yang ingin dipakai.
  • Di bagian atas kolom potongan lagu, pengguna bisa memilih jenis tampilan dari lirik lagu. Pilihlah transisi lirik lagu sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah, klik Next, masukkan caption ke Reels yang diunggah. Kini, konten Reels Anda sudah siap untuk diunggah ke publik.

Walau kini Instagram Stories dan Reels punya kesamaan fitur, kedua jenis konten ini punya fungsi yang berbeda. Instagram Stories yang diunggah pengguna hanya bertahan selama 24 jam saja. Lewat dari satu hari, konten yang dibagikan akan hilang.

Baca juga: TikTok Vs IG Reels vs Youtube Shorts, Mana yang Lebih Potensial Hasilkan Cuan?

Konten-konten dari Instagram Stories umumnya digunakan untuk berbagi ke teman-teman terdekat saja dalam waktu singkat. Berbeda dengan Reels yang tidak memiliki batas waktu dan bisa diakses secara publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com