Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Melacak iPhone Hilang atau Dicuri dengan HP Android, Mudah

Kompas.com - 08/11/2023, 17:45 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - iPhone hilang atau dicuri bukan merupakan hal yang diinginkan pengguna. Akan tetapi, kejadian itu tetap bisa berpotensi terjadi ke siapa pun. Untuk meminimalkan kerugian saat iPhone dicuri, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah melacaknya.

Oleh karena itu, pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara melacak iPhone hilang atau dicuri. Ada banyak macam cara melacak iPhone hilang. Salah satunya pengguna bisa memakai layanan Find My yang diakses lewat perangkat Apple lain.

Baca juga: Ramai soal Pencurian iPad di KA, Ini Hal yang Perlu Dilakukan Saat iPhone atau iPad Hilang

Sebagai informasi, Find My merupakan layanan yang dapat melacak keberadaan semua perangkat Apple, termasuk iPhone. Saat iPhone hilang atau dicuri, pengguna bisa melacaknya via Find My di perangkat Apple lain.

Pelacakan iPhone yang hilang itu tidak harus dilakukan melalui Find My dan menggunakan perangkat Apple lainnya. Pengguna juga bisa melacak iPhone yang hilang dengan menggunakan HP Android.

Cara melacak iPhone yang hilang dengan HP Android bisa dipakai sebagai alternatif ketika pengguna tidak memiliki perangkat Apple lain atau belum mengaktifkan layanan Find My di iPhone miliknya.

Lantas, bagaimana cara melacak iPhone yang hilang dengan HP Android? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa cara melacak iPhone yang hilang dengan HP Android.

Cara melacak iPhone yang hilang dengan HP Android

Ada tiga cara melacak iPhone yang hilang dengan HP Android, yang setidaknya bisa dilakukan pengguna. Ketiga cara itu masing-masing dapat dilakukan dengan memanfaatkan website iCloud.com, Gmail, dan Google Maps.

Adapun penjelasan dari masing-masing cara melacak iPhone hilang pakai HP Android tersebut adalah sebagai berikut:

1. Cara melacak iPhone hilang pakai HP Android via iCloud.com

Cara yang pertama ini dapat dilakukan dalam kondisi pengguna sudah mengaktifkan layanan Find My menggunakan Apple ID atau akun iCloud di iPhone yang hilang. Adapun cara melacak iPhone hilang pakai HP Android via website iCloud.com adalah sebagai berikut:

  • Saat iPhone hilang atau dicuri, buka website ini https://www.icloud.com/ melalui browser yang tersedia di HP Android.
  • Lalu, login menggunakan Apple ID atau akun iCloud yang sama seperti digunakan pada iPhone yang hilang.
  • Setelah berhasil masuk, pilih menu “Lacak” atau “Find My” dan bakal muncul peta.
  • Kemudian, pilih perangkat iPhone yang hilang.
  • Di peta itu, bakal terdapat titik lokasi iPhone berada. Pengguna bisa melacak lokasi dan pergerakan iPhone yang hilang secara real-time melalui peta di Find My tersebut.
  • Pada layanan Find My ini, pengguna bisa mengaktifkan Lost Mode untuk mengunci iPhone yang hilang dari jarak jauh. Kemudian, pengguna juga bisa menghapus data di iPhone.

Ilustrasi cara melacak iPhone hilang pakai HP Android via iCloud.com.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak iPhone hilang pakai HP Android via iCloud.com.

Penting diingat kembali, cara melacak iPhone yang hilang pakai HP Android via iCloud.com hanya bisa dilakukan apabila pengguna sebelumnya telah mengaktifkan layanan Find My di iPhone menggunakan Apple ID atau akun iCloud.

Sebagai informasi, layanan Find My umumnya bakal otomatis aktif ketika pengguna sudah login Apple ID di iPhone. Jika belum login Apple ID atau mengaktifkan layanan Find My, pengguna tidak akan bisa melacak iPhone melalui Find My di website iCloud.com.

Baca juga: Apakah Boleh Membersihkan iPhone dengan Disinfektan? Begini Kata Apple

Seandainya pengguna belum mengaktifkan Find My di iPhone, masih terdapat cara lain untuk melacaknya dengan HP Android, yakni melalui fitur histori lokasi yang terdapat pada akun Google atau Gmail dan Google Maps.

Adapun penjelasan mengenai cara melacak iPhone hilang pakai HP Android melalui Gmail dan Google Maps adalah sebagai berikut.

2. Cara melacak iPhone hilang pakai HP Android via Gmail atau akun Google

  • Buka halaman pengelolaan akun Google atau Gmail di HP Android. Ada beberapa cara untuk membuka halaman tersebut, salah satunya melalui aplikasi Gmail.
  • Di aplikasi Gmail HP Android, login akun Google atau akun Gmail yang sama seperti digunakan pada iPhone yang hilang.
  • Setelah berhasil masuk, klik ikon foto profil akun Gmail dan pilih opsi “Kelola Akun”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Data & Privasi” dan klik opsi “Histori Lokasi”.
  • Kemudian, klik opsi “Kelola Histori” dan bakal muncul peta yang menunjukkan data riwayat lokasi keberadaan perangkat dalam kurun waktu tertentu. Melalui data ini, pengguna bisa memeriksa lokasi iPhone yang hilang.

Ilustrasi cara melacak iPhone pakai HP Android via Gmail.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melacak iPhone pakai HP Android via Gmail.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com