Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Motherboard dan Komponen-komponennya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 14/11/2023, 17:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara kerja Motherboard. Pengetahuan atas cara kerja Motherboard dapat melengkapi pengetahuan mengenai bagaimana komputer bisa menjalankan tugasnya dalam mengolah data.

Untuk diketahui, komputer secara umum terdiri dari empat komponen utama, yaitu input device, processing device, output device, dan storage device.

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input, Output, Processing, dan Storage Device

Dari keempat komponen komputer itu, Motherboard termasuk dalam processing device. Lantas, apa yang dimaksud dengan Motherboard? Motherboard adalah papan sirkuit utama yang terdapat di dalam sebuah komputer.

Motherboard adalah komponen yang memiliki tugas utama untuk mendistribusikan listrik dan memfasilitasi komunikasi antar perangkat komputer ataupun perangkat periferal. Tanpa Motherboard, komponen komputer tidak dapat terhubung dan bekerja sama.

Dalam menjalankan tugas tersebut, Motherboard memiliki cara kerja tertentu yang dilalui. Lantas, bagaimana cara kerja Motherboard? Jika tertarik untuk mempelajarinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara kerja Motherboard.

Cara kerja Motherboard

Cara kerja Motherboard dimulai ketika pengguna menghubungkan komputer ke sumber daya listrik dan menghidupkannya. Ketika pengguna menghidupkan komputer, daya dari sumber daya bakal dikirim ke ke motherboard.

Kemudian, perjalanan pengolahan data dimulai. Dikutip dari Make Tech Easier, data ditransfer melalui bus data dan melewati bagian Northbridge dan Southbridge dari Chipset di Motherboard.

Bagian Northbridge berfungsi untuk menghubungkan data ke CPU, RAM, dan perangkat periferal. RAM mulai mengirimkan data masukan ke CPU. Kemudian, CPU bakal mengolahnya dan menghasilkan keluaran yang ditransfer ke perangkat periferal.

Sementara itu, bagian Southbridge berfungsi untuk menghubungkan data ke BIOS, SATA, dan perangkat periferal. Sinyal ke BIOS memungkinkan komputer untuk booting, sementara data ke SATA bakal mengaktifkan perangkat Hard Drive atau SSD.

Data dari SATA kemudian digunakan untuk menghidupkan perangkat periferal seperti kartu video, jaringan, dan suara. Untuk diketahui, data yang ditransmisikan dalam Motherboard, dari satu komponen ke komponen lain, berupa bahasa biner (1 dan 0).

Ketika sinyal dikirim ke motherboard dari salah satu komponen, Motherboard akan memproses dan menerjemahkan bahasa biner tersebut ke dalam bahasa yang dapat dipahami oleh komponen lainnya.

Cara kerja Motherboard ini singkatnya adalah data ditransmisikan melalui bus data. Kemudian, data masuk ke Chipset dan berlanjut ke komponen lain, seperti CPU, RAM, memori penyimpanan, dan perangkat periferal.

Demikianlah penjelasan mengenai cara kerja Motherboard dalam memfasilitasi komunikasi antar komponen komputer. Untuk melengkapi pengetahuan, pengguna kiranya juga perlu mengetahui komponen-komponen Motherboard.

Sebagaimana dijelaskan di atas, Motherboard bekerja dengan beberapa komponen supaya bisa menjalankan tugasnya. Oleh karena itu, komponen Motherboard penting untuk diketahui pula. Lantas, apa saja komponen Motherboard?

Baca juga: Pengertian Processing Device, Lengkap dengan Contoh dan Fungsinya

Komponen Motherboard

Ada beberapa komponen Motherboard yang mendukungnya untuk dapat memfasilitasi proses komunikasi antar komponen komputer. Adapun komponen Motherboard secara umum meliputi:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com