Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Jenis-jenis Printer, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Kompas.com - 17/09/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui jenis-jenis printer. Pengetahuan atas jenis-jenis printer berguna untuk menentukkan printer mana yang cocok dipakai dalam mencetak berbagai jenis dokumen.

Lantas, apa saja jenis-jenis printer? Perlu diketahui dulu. Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data digital di komputer seperti teks, dokumen, atau gambar, ke media fisik seperti kertas dan banner.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Output Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Printer memfasilitasi proses produksi dokumen fisik dari dokumen digital yang ada di komputer. Fungsi printer yang utama adalah mengubah data digital menjadi cetakan fisik. Data digital itu bisa berupa teks, gambar, grafik, atau kombinasi dari semuanya.

Dalam melakukan fungsi itu, printer terhubung dengan komputer lewat berbagai jenis koneksi, seperti kabel USB, jaringan, atau bahkan nirkabel (Wi-Fi atau Bluetooth). Untuk mencetak data digital, printer bakal menerima instruksi dari komputer.

Setelah menerima instruksi, printer bekerja untuk mencetak data tersebut ke media cetak, seperti kertas biasa, kartu, kerta foto, spanduk, baliho, dan masih banyak lagi. Printer bisa mencetak data digital ke beragam media bergantung kemampuannya.

Ada beragam jenis printer yang dibedakan berdasar kemampuan dan cara kerjanya. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar mengenai jenis-jenis printer.

Jenis-jenis printer

Saat ini, ada banyak jenis printer, tetapi yang umum dipakai oleh pengguna secara pribadi adalah jenis Inkjet Printer dan Laser Printer. Adapun daftar jenis-jenis printer yang bakal dibahas pada artikel ini adalah sebagai berikut:

  • Inkjet Printer
  • Laser Printer
  • 3D Printer
  • LED Printer
  • Solid Ink Printer
  • Dot Matrix Printer
  • Multifunction Printer
  • Thermal printer
  • Plotter

Dalam melakukan tugas pencetakan data digital ke bentuk fisik, tiap printer di atas memiliki cara kerja dan kemampuan yang berbeda-beda.

Dikutip dari Javapoint, adapun penjelasan cara kerja printer serta kelebihan dan kekurangannya dari tiap jenis itu adalah sebagai berikut.

Cara kerja printer serta kelebihan dan kekurangannya

1. Inkjet Printer

Ilustrasi jenis printer Inkjet Printer.Canon.co.uk Ilustrasi jenis printer Inkjet Printer.

Inkjet Printer mencetak karakter dengan menyemprotkan tinta menggunakan pelat-pelat magnetik pada kertas. Inkjet Printer banyak digunakan oleh pengguna secara pribadi ataupun bisnis.

Inkjet Printer terdiri dari penggerak kertas, cartridge , head print, tuas penstabil, dan belt. Tinta disimpan dalam beberapa cartridge dengan kombinasi warna dasar yang berbeda untuk mencetak berbagai jenis dokumen.

Kelebihan:

  • Mampu menghasilkan cetakan berkualitas tinggi.
  • Harga cukup terjangkau cocok untuk pengguna rumahan ataupun bisnis.
  • Mudah digunakan, tidak perlu waktu pemanasan.

Kekurangan:

  • Biaya penggantian cartridge tinta cukup mahal.
  • Tinta bisa mengering jika tak digunakan dalam waktu cukup lama.
  • Kurang cocok untuk mencetak dokumen dalam volume besar karena kecepatan pencetakannya yang cukup lambat dan biaya tinta yang cukup mahal.

2. Laser Printer

Laser Printer mencetak data digital seperti teks atau gambar dengan menggunakan teknologi sinar laser. Setiap kali mendapat perintah untuk mencetak dokumen, sinar laser bakal menggambar dokumen tersebut pada drum dulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com