Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TWS Redmi Buds 5 Pro Meluncur, Punya Fitur Anti-bising dengan AI

Kompas.com - 30/11/2023, 18:40 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Redmi meluncurkan earphone True Wireless Stereo terbarunya, Redmi Buds 5 Pro di China, Rabu (29/11/2023). Sub-brand Xiaomi inimerilis Redmi Buds 5 Pro bersamaan dengan perangkat Redmi lainnya, yakni smartphone Redmi K70 series dan smartwatch Redmi Watch 4.

Redmi Buds 5 Pro memiliki kemampuan lebih baik dari Redmi Buds 5 "reguler" yang dirilis September 2023 lalu. Redmi Buds 5 Pro membawa sejumlah peningkatan, misalnya kehadiran fitur active noise cancelling (ANC) 52 desibel (db), meningkat dari versi "reguler" dengan ANC 46 db.

Fitur tersebut berguna untuk meredam kebisingan lingkungan sekitar, sehingga pengguna bisa mendengarkan audio dengan lebih jelas dan jernih. Makin tinggi angka desibelnya, makin keras pula suara yang bisa disaring oleh fitur ANC.

Adapun fitur ini konon juga memanfaatkan algoritma yang dikembangkan Redmi, yang diklaim dapat meningkatkan struktur akustik dan kualitas audio yang dikeluarkan earphone

Selain itu, terdapat juga pengaturan ditenagai kecerdasan buatan (AI), yang bisa mengatur tingkat pengurangan suara berdasarkan lingkungan pengguna.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Redmi K70 dan K70 Pro, HP Snapdragon 8 Gen 3 dengan Harga Bersahabat

Pengaturan ini dibagi menjadi "Deep Noise Reduction" untuk mengurangi kebisingan di lingkungan seperti bandara atau stasiun kereta, kemudian "Balanced Noise Reduction" di lingkungan yang tingkat kebisingannya lebih rendah seperti jalanan, dan "Mild Noise Reduction" untuk kebisingan yang paling rendah seperti di lingkungan kantor atau perpustakaan.

Redmi Buds 5 Pro mendukung LHDC 5.0 codec yang diklaim bisa menghadirkan suara berkualitas tinggi untuk streaming.

Ada pula audio spasial 360 derajat dan Bluetooth 5.3 dengan latensi audio 49 ms. Latensi yang rendah memungkinkan pengguna mendengar suara rendah delay.

Dari segi desain, Redmi Buds 5 Pro memiliki desain tradisional in-ear lengkap dengan batangnya.

TWS Redmi Buds 5 Pro inidibekali charging case dengan desain membulat. Bentuknya mirip seperti charging case Redmi Buds 5 versi "reguler".

Untuk daya, Redmi tidak mengumbar kapasitas baterai Redmi Buds 5 Pro ini. Namun, mereka mengeklaim bahwa masing-masing earbud bisa bertahan 10 jam, dan ketika terhubung dengan charging case menjadi 38 jam.

TWS Redmi Buds 5 Pro tersebut mendukung pengisian cepat. Setelah diisi dayanya selama lima menit, pengguna bisa menggunakan earphone selama dua jam untuk pemutaran musik.

Redmi Buds 5 Pro Gaming EditionGSMArena Redmi Buds 5 Pro Gaming Edition
Spesifikasi Redmi Buds 5 Pro lainnya mencakup sertifikasi sertifikasi anti air dan debu IP54 dan Hi-Res Audio. TWS Redmi Buds 5 Pro mendapatkan sertifikasi audio dari QQ Music Zhenpin Master Tape, Zhenpin Master Audio, NetEase Cloud Sound, dan Kugou Viper Atmos.

Redmi Buds 5 Pro tersedia dalam varian warna Ice Porcelain Blue, Clear Snow White, dan Obsidian Black.

Selain Redmi Buds 5 Pro, pabrikan tersebut juga meluncurkan Redmi Buds 5 Pro Gaming Edition dengan warna hitam dan oranye. TWS Redmi Buds 5 Pro varian ini disebut memiliki fitur yang dapat menurunkan latensi menjadi 20 ms.

Latensi ini diperlukan untuk game e-sports terutama yang bergenre shooter, karena audio sejatinya memang menjadi sumber informasi yang penting dalam permainan.

Contohnya saja ketika pemain sedang berduel 1v1 dengan musuh. Siapa yang mendengar gerak-gerik musuh terlebih dahulu akan menang.

Baca juga: Redmi Watch 4 Meluncur, Casing Aluminium dan Pakai HyperOS

Harga Redmi Buds 5 Pro di China

Redmi Buds 5 Pro sudah bisa dibeli di China dengan harga 399 Yuan (sekitar Rp 871.400). Sementara itu, harga Redmi Buds 5 Pro Gaming Edition adalah 499 Yuan (sekitar Rp 1 juta).

Earbuds edisi e-sports tersebut sudah bisa dipesan (pre-order), sedangkan penjualan perdananya baru dimulai pada 5 Desember 2023, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizChina, Kamis (30/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com