Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Tool AI Backdrop, Bisa Ganti Background di IG Stories

Kompas.com - 15/12/2023, 07:07 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - Aplikasi jejaring media sosial milik Meta, Instagram (IG) meluncurkan fitur AI generatif bernama Backdrop, Rabu (13/12/2023) yang sudah bisa dijajal oleh pengguna di wilayah Amerika Serikat.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah latar belakang (background) Instagram Stories berdasarkan perintah teks (prompt). Latar belakang yang dibuat bisa beraneka macam tergantung perintah pengguna.

Cara kerja tool AI ini dipamerkan lewat posting di media sosial Threads oleh Ahmad Al-Dahle selaku pemimpin Meta untuk AI generatif. Dia menunjukkan langkah-langkah memasukkan prompt untuk mengganti background di  Stores dengan tool baru tersebut.

Baca juga: Status WhatsApp Bakal Bisa Dibagikan Langsung ke Instagram Stories

Setelah memasukkan foto di Instagram Stories, pengguna akan menemukan tombol Backdrop bergambar dengan garis persegi di belakang. Letaknya adalah di sebelah kiri tombol teks.

Untuk menggunakan fitur Backdrop di Instagram Stories, pengguna mesti menekan tombol Backdrop terlebih dahulu di sebelah kiri tombol teks.Threads Untuk menggunakan fitur Backdrop di Instagram Stories, pengguna mesti menekan tombol Backdrop terlebih dahulu di sebelah kiri tombol teks.
Ketika diketuk, sebuah kolom teks akan muncul dengan teks "Describe the backdrop you want" (Tulis latar belakang yang Anda inginkan). Di bagian atas kolom teks, terdapat sejumlah saran background seperti "Dikejar dinosaurus", "Berjalan di karpet merah", dan lain-lain.

Jika ingin memilih background dengan bebas, pengguna tinggal menuliskan latar belakang yang diinginkan lewat kolom yang disediakan.

Pengguna bisa memilih background yang diinginkan di Instagram Stories, caranya dengan memilih saran dari Instagram, atau menulis sendiri perintah teks (prompt) di kolom yang ada.Threads Pengguna bisa memilih background yang diinginkan di Instagram Stories, caranya dengan memilih saran dari Instagram, atau menulis sendiri perintah teks (prompt) di kolom yang ada.
Kemudian, ketuk tombol panah alias enter. Instagram Stories pun akan "menyulap" gambar agar memiliki latar belakang sesuai yang diminta pengguna. Berdasarkan posting Al-Dahle, terlihat fitur Backdrop akan menyediakan dua hasil foto yang bisa dipilih oleh penggunanya.

Selanjutnya, pengguna bisa langsung membagikan gambar tersebut lewat Instagram Stories. Setelah dibagikan, pengikut (followers) pengguna bisa melihat teks "Try it" (Coba fitur) diikuti dengan perintah teks yang diperlukan untuk menghasilkan latar belakang di Stories itu.

Hasil foto yang dibuat menggunakan fitur Backdrop di Instagram StoriesThreads Hasil foto yang dibuat menggunakan fitur Backdrop di Instagram Stories
Seperti yang sebelumnya disebutkan, Backdrop sudah dirilis, tapi baru untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (15/12/2023).

Dengan kata lain, pengguna di Indonesia belum kebagian fitur baru Instagram ini. Belum diketahui pula kapan Backdrop akan tersedia bagi semua pengguna Instagram.

Umumkan tool AI Emu

Meta selaku perusahaan induk Instagram akhir November lalu juga mengumumkan fitur baru berupa calon tool AI editing konten foto serta video di Instagram dan Facebook. Tool image generation bernama Emu ini dibagi menjadi dua, yakni Emu Edit dan Emu Video.

Emu Edit memungkinkan pengguna menyunting gambar atau foto. Bedanya dari software pengolah gambar seperti Photoshop, alih-alih mesti menyeleksi sendiri secara manual, pengguna cukup memberi perintah teks saja untuk memanipulasi obyek tertentu di gambar.

Baca juga: Tool AI Meta Bisa Edit Foto dengan Perintah Teks dan Sulap Gambar Jadi Video

Misalnya, pengguna bisa memberi perintah "hilangkan teks pada gambar". AI Emu Edit pun akan secara otomatis mengenali bagian mana dari gambar yang merupakan tulisan alias teks, kemudian menghilangkannya.

Latar belakang bisa diganti dengan mudah, dan pengguna juga bisa menambahkan obyek baru yang sebelumnya tidak ada di gambar.

Tool kedua, Emu Video, memiliki basis kecerdasan buatan yang sama, tapi lebih diarahkan untuk membuat video, baik dari perintah teks maupun mengubah gambar diam menjadi video serupa animasi.

Belum diketahui kapan kedua tool AI Emu Edit dan Emu Video akan resmi dirilis untuk Instagram dan Facebook. Saat ini, keduanya masih menjadi bagian dari "riset" Meta saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com