Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kerja Topologi Ring dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 03/02/2024, 02:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui beberapa pengetahuan dasar yang meliputi topologi ring, terutama ketika tengah belajar tentang jaringan komputer. Salah satu pengetahuan dasar itu adalah cara kerja topologi ring.

Sebagai informasi, jaringan komputer terdiri dari beberapa jenis topologi atau konfigurasi untuk menyusun perangkat-perangkat menjadi sebuah jaringan. Salah satu jenis topologi itu adalah topologi ring.

Baca juga: Pengertian Jaringan Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Perbedaannya

Untuk membagikan informasi, data, atau sumber daya ke antar komputer dalam jaringan, topologi ring memiliki cara kerja tersendiri. Lantas, bagaimana cara kerja topologi ring? Jika tertarik untuk mempelajarinya, berikut adalah penjelasan cara kerja topologi ring.

Apa itu topologi ring?

Sebelum mengetahui cara kerjanya, ada baiknya pengguna memahami dulu apa itu topologi ring. Pengetahuan soal pengertian topologi ring dapat mempermudah pengguna memahami istilah-istilah yang terkait dengan cara kerjanya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan topologi ring? Jika didefinisikan, topologi ring adalah konfigurasi jaringan dengan koneksi antar perangkat yang membentuk jalur data tertutup berbentuk lingkaran seperti cincin.

Setiap perangkat yang terhubung membentuk dua koneksi dengan perangkat lain, seperti titik yang membentuk lingkaran. Topologi ring digunakan sebagai jalur untuk mengirim informasi atau data antar perangkat komputer atau node.

Dalam proses pengiriman informasi di jaringan komputer, terdapat token atau segmen informasi yang dikirim melalui jalur lingkaran tersebut. Ketika sebuah komputer dalam jaringan dapat mendekode token tersebut, maka komputer itu akan menerima data.

Dalam topologi ring, token bergerak dari satu node ke node berikutnya hingga mencapai tujuannya. Sebagian besar topologi ring hanya memungkinkan token untuk bergerak dalam satu arah atau yang biasa disebut sebagai topologi ring unidirectional.

Sementara itu, terdapat pula topologi ring yang memungkinkan token untuk bergerak dalam dua arah atau yang biasa disebut sebagai topologi ring bidirectional.

Topologi ring dapat digunakan dalam LAN (jaringan area lokal) atau WAN (jaringan area luas), bergantung pada kartu jaringan yang digunakan di setiap komputer. Topologi ring dapat tersusun menggunakan kabel koaksial atau kabel jaringan RJ-45.

Itulah pengertian topologi ring. Untuk cara kerja topologi ring, penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di bawah ini.

Cara kerja topologi ring

Cara kerja topologi ring dalam jaringan komputer untuk menyebarkan informasi dimulai dari pendistribusian token yang tidak berisi alias kosong. Token itu nanti diisi data dan mulai didistribusikan ke node dalam jaringan.

Dikutip dari Javatpoint, adapun penjelasan yang lebih lengkap soal cara kerja topologi ring dalam jaringan komputer adalah sebagai berikut.

  • Token kosong didistribusikan dalam topologi ring. Kecepatan distribusi bisa bervariasi, mulai dari 16 Mbps hingga 100 Mbps.
  • Untuk menyimpan data dan mentransmisikannya, token kosong mengandung tempat penampung dan juga menyimpan alamat dari node pengirim atau penerima.
  • Ketika node pengirim harus mengirim pesan, node bakal mengakuisisi sebuah token dan mengisinya dengan data, memperoleh MAC Address dari node penerima, dan ID dalam token.
  • Dalam topologi ring, token yang telah diisi dikirim ke node berikutnya. Token diterima oleh node berikutnya dan menentukan apakah bakal ditransmisi lagi atau tidak.
  • Kemudian, data disalin ke node dan token diatur menjadi nol, lalu ditransfer ke node berikutnya. Proses bakal diulang hingga data mencapai tujuan yang tepat.
  • Ketika node pengirim menerima token kembali, node tersebut akan mengetahui jika penerima telah membaca data atau informasi tersebut.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja topologi ring. Dengan mengetahui cara kerjanya, pengguna dapat lebih mudah memahami bagaimana topologi ring bisa beroperasi dalam membagikan informasi pada jaringan komputer.

Sementara itu, untuk menambah wawasan, pengguna kiranya perlu juga memahami beberapa pengetahuan dasar yang terkait dengan topologi ring dalam jaringan komputer. Beberapa pengetahuan itu, seperti fungsi, karakteristik, dan kelebihan dari topologi ring.

Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com