Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 27/08/2023, 16:01 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Jenis-jenis jaringan komputer merupakan pengetahuan yang kiranya perlu diketahui. Dengan memahami jenis-jenis jaringan komputer, pengguna dapat menentukan jaringan komputer mana yang tepat untuk dipakai sesuai fungsinya.

Pemahaman mengenai jenis-jenis jaringan komputer juga berguna untuk pengguna agar dapat mengetahui perbedaannya. Oleh karena itu, artikel ini bakal membahas secara lengkap jenis-jenis jaringan komputer.

Baca juga: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis jaringan komputer

Perlu diketahui, jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa komputer supaya dapat berbagi informasi (data) dan sumber daya. Dengan jaringan komputer, beberapa komputer bisa mengakses informasi dan sumber daya secara berbarengan.

Contoh pengaplikasian jaringan komputer, misalnya, beberapa komputer bisa mengakses koneksi internet melalui satu jaringan yang sama. Kemudian, beberapa komputer juga bisa melakukan cetak dokumen lewat satu perangkat printer yang sama.

Dalam jaringan komputer, beberapa komputer bisa saling berkomunikasi karena terdapat rute koneksi yang menghubungkannya. Rute koneksi merupakan sambungan antar komputer sehingga bisa saling terhubung satu sama lain.

Jaringan komputer disusun dengan rute koneksi yang memiliki jangkauan area berbeda-beda. Perbedaan rute koneksi itulah yang nanti membagi jenis-jenis jaringan komputer sesuai fungsinya. Lantas, apa saja jenis-jenis jaringan komputer?

Beberapa jenis jaringan komputer yang cukup umum didengar mungkin adalah jenis jaringan komputer LAN, MAN, dan WAN. Akan tetapi, selain ketiga jenis itu, masih terdapat banyak lagi jenis jaringan komputer yang dibedakan sesuai fungsinya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan jenis-jenis jaringan komputer dan fungsinya yang perlu diketahui.

1. LAN

Jenis jaringan komputer yang pertama adalah LAN (Local Area Network). LAN merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya.

LAN umum diterapkan untuk menghubungkan banyak komputer di satu lokasi, misalnya, untuk menghubungkan beberapa perangkat ke satu komputer, server, printer, atau sumber daya lainnya di sebuah rumah atau kantor.

2. MAN

Metropolitan Area Network atau MAN, seperti namanya merupakan jaringan yang digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota.

Jaringan yang jangkauannya lebih besar dari LAN ini bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan komputer di satu lembaga ke lembaga lainnya dalam satu wilayah administratif.

3. WAN

Wide Area Network atau WAN merupakan jenis jaringan komputer yang menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang cukup jauh, bahkan bisa antar negara.

Misalnya, dengan WAN, data pada komputer yang terletak di Indonesia bisa ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lain.

Contoh mudah penerapan WAN adalah jaringan internet yang umum dipakai selama ini, di mana WAN akan menghubungkan beberapa komputer dengan sebuah server yang terdapat di negara lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com