Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Umumkan Drone FPV Avata 2, Harga Rp 7 Jutaan dan Lebih Ringan

Kompas.com - 13/04/2024, 19:20 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber The Verge,DJI

KOMPAS.com - Pabrikan drone DJI resmi meluncurkan drone first person view (FPV) terbarunya dari keluarga Avata, yaitu DJI Avata 2. Seperti namanya, drone ini merupakan penerus dari DJI Avata yang diperkenalkan sekitar dua tahun lalu. 

Salah satu hal menarik dari DJI Avata 2 adalah harganya yang kini lebih murah dari DJI Avata. Untuk drone saja, misalnya, DJI Avata 2 dijual dengan harga 489 dollar AS (sekitar Rp 7,8 juta), lebih murah dari DJI Avata generasi pertama dengan 629 dollar AS (sekitar Rp 10,1 juta). 

Meski harganya lebih murah, DJI Avata 2 tetap hadir dengan beragam peningkatan. Pada aspek bobot, contohnya, drone tersebut kini memiliki bobot sekitar 377 gram ketika flight, lebih ringan dari DJI Avata dengan 410 gram. Kemudian, drone ini juga lebih ringkas dengan dimensi ketinggian 64 mm.

Bobotnya yang ringan tak mengurangi waktu atau durasi terbang drone ini. Sebab, DJI Avata 2 diklaim memiliki Flight Time maksimum mencapai 23 menit, meningkat dari 18 menit di DJI Avata generasi pertama. 

Drone FPV terbaru dari DJI ini juga bisa terbang lebih jauh hingga jarak 13 km, serta disebut bisa mentransmisikan video dengan bitrate hingga 60 Mbps. DJI Avata generasi pertama memiliki Max Transmission Distance 10 km dan Max Transmission Bitrate 50 Mbps. 

Baca juga: Sony Umumkan ILX-LR1, Kamera Full-frame Ringan untuk Drone

DJI Avata 2.DJI DJI Avata 2.

Nah, untuk merekam foto dan video, DJI Avata 2 dibekali dengan kamera Super Wide Angle 12 MP yang memiliki sensor CMOS 1/1.3 inci.

Kamera ini bisa merekam video 4K 60 FPS dengan fitur HDR dan mode warna 10-bit D-Log M. Untuk perekaman lebih stabil, kamera drone ini juga turut dilengkapi dengan gimbal dan teknologi penstabil khas DJI RockSteady dan HorizonSteady. 

Fitur pendukung lain yang ada di DJI Avata 2 mencakup desain drone dan baling-baling baru yang diklaim lebih aerodinamis, Easy Acro yang mencakup Flip, Roll, dan Drift hingga 180 derajat, Downward/Backward Visual Positioning, Automatic Return to Home (RTH), dan Turtle Mode.

Ada pula media penyimpanan (storage) lebih luas dengan kapasitas 46 GB (meningkat dari 20 GB), serta transfer data lebih cepat dengan teknologi High-Speed QuickTransfer.

Baca juga: DJI Osmo Pocket 3 Resmi, Punya Sensor 1 Inci dan Layar Putar

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Sabtu (13/4/2024), DJI Avata 2 sudah tersedia di pasar global dengan harga sebagai berikut:

  • DJI Avata 2 (drone only): 489 dollar AS (sekitar Rp 7,8 juta)
  • DJI Avata 2 Fly More Combo (Single Battery, DJI Goggles 3, DJI RC Motion 3): 999 dollar AS (sekitar Rp 16,1 juta)
  • DJI Avata 2 Fly More Combo (Three Batteries, Goggles 3, RC Motion 3, Two-Way Charging Hub, Sling Bag): 1.199 dollar AS (sekitar Rp 19,3 juta)

Belum ada informasi apakah DJI Avata 2 akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Namun, pengguna yang tidak sabar bisa membeli DJI Avata di Tanah Air dengan harga sekitar Rp 17 jutaan untuk paket DJI Avata, DJI FPV Googles V2, dan DJI Motion Controller.

Baca juga: DJI Osmo Action 4 Resmi Dirilis, Kamera Aksi dengan Sensor Gambar Lebih Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com