Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat 600 Drone Membentuk Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 di Langit Busan

Kompas.com - 03/08/2023, 08:33 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ratusan drone atau pesawat nirawak diterbangkan di langit pantai Gwangalli, Busan, Korea Selatan.

Aksi ini digelar untuk menyambut duo ponsel lipat baru Samsung, Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 yang dirilis perdana 26 Juli lalu.

Ada 600 drone yang dipakai untuk pertunjukan itu. Pesawat nirawak itu diterbangkan ke langit pantai Gwangalli, pukul 08.00 malam waktu Korea.

Drone itu membentuk formasi, memancarkan cahaya sehingga tampak menyatu dan membentuk wujud Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Baca juga: Video Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 Dibanting dan Direndam Air dalam Uji Ketahanan

600 drone membentuk Galaxy Z Flip 5 di langit BusanSamsung 600 drone membentuk Galaxy Z Flip 5 di langit Busan

 

Tidak hanya membuat formasi bentuk smartphone, ratusan drone itu juga membentuk penamaan kedua ponsel lipat Samsung.

Karena pertunjukkan drone itu dilangsungkan malam hari, cahaya yang dipancarkan oleh kamera tersebut tampak begitu jelas menghiasi langit Busan.

Pertunjukan bertajuk Drone Light Show itu berlangsung selama sekitar 15 menit. Selama mengangkasa, ratusan drone itu beraksi menampilkan aneka bentuk hingga tulisan "Join the flip side" tagline yang dipakai Samsung dalam Galaxy Unpacked kedua 2023, disertai bingkai layar sekunder Galaxy Z Flip 5.

600 drone membentuk Galaxy Z Flip 5 di langit BusanSamsung 600 drone membentuk Galaxy Z Flip 5 di langit Busan

Ratusan drone itu juga membentuk tulisan "Expo" sebagai wujud dukungan Samsung terhadap Busan yang terpilih menjadi tuan rumah World Expo 2030, yaitu ajang pameran internasional untuk menampilkan pencapaian negara-negara di dunia.

Pertunjukkan drone itu sejatinya digelar untuk merayakan pembukaan Galaxy Studio, wadah bagi pengunjung agar bisa mencoba aneka produk baru perusahaan, termasuk Samsung Z Fold 5 dan Z Flip 5 di Busan.

Di Busan, Samsung menggelar Galaxy Experience Space, tempat di mana penggemar Galaxy berbaur dengan penduduk Busan. Acara ini juga dimeriahkan dengan pembukaan Flip Side Market Busan, wujud Galaxy Studio di wilayah tersebut.

Di Flip Side Market, pengunjung bisa mencoba Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 berikut aksesori yang menyertainya. Fasilitas ini tersedia di pantai Gwangalli, salah satu area yang populer di wilayah tersebut, dihimpun KompasTekno dari Samnews24, Kamis (8/3/2023). 

Baca juga: Hasil Foto Samsung Galaxy Z Flip 5 Diklaim Meningkat meski Pakai Spek Lama, Ini Rahasianya

Galaxy Unpacked pertama di Korea

Galaxy Unpacked kali ini sendiri terbilang spesial karena pertama kalinya digelar langsung alias offline setelah pandemi. Pada tahun 2021 dan 2022, Galaxy Unpacked digelar secara online dan streaming.

Ajang ini juga menjadi yang pertama kali diselenggarakan di "markas" Samsung, yakni Seoul, Korea Selatan. Sebab sebelumnya, Galaxy Unpacked selalu digelar di Amerika Serikat (AS).

Di Korea Selatan, panggung utama Galaxy Unpacked digelar di COEX Conventiom Hall, Gangnam, Seoul.

Suasana keramaian para peserta di dalam COEX Convention Hall usai peluncuran Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 di acara Galaxy Unpacked 2023KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana keramaian para peserta di dalam COEX Convention Hall usai peluncuran Galaxy Z Fold 5 dan Galaxy Z Flip 5 di acara Galaxy Unpacked 2023

Dalam Galaxy Unpacked kedua 2023 ini, Samsung meluncurkan sejumlah produk mulai dari Galaxy Z Fold 5, Galaxy Z Flip 5, Galaxy Tab S9 series meliputi Galaxy Tab S9 "reguler", Galaxy Tab S9 Plus dan Galaxy Tab S9 Ultra, Galaxy Watch 6 series meliputi Galaxy Watch 6 "reguler" dan Galaxy Watch 6 Classic.

Samsung Galaxy Z Fold 5 kini dibekali dengan konstruksi engsel baru, yang memungkinkan ponsel lipat itu dapat menutup secara lebih rapat dibanding pendahulunya. Di sektor dapur pacu, ponsel ini mengusung chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Sama seperti Z Fold 5, Samsung Z Flip 5 juga dibekali dengan engsel baru yang memungkinkannya dapat menutup secara lebih rapat dibanding Z Flip 4. Ponsel ini juga dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Yang menarik, Samsung juga menghadirkan lagi arloji pintar model Classic di lini seri Galaxy Watch 6. Yang membuat model ini menarik adalah bezelnya yang bisa diputar bak tombol fisik untuk menavigasi menu.

Adapun lini seri Galaxy Tab S9 semuanya mengantongi sertifikasi tahan air dan debu IP68, layar AMOLED 2x, refresh rate 120 Hz serta Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Baca juga: Pakai Chip Khusus, Ini Skor Benchmark Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com