Konami Raup Rp 2 Miliar dari Hasil Penjualan NFT Game Castlevania

Kompas.com - 20/01/2022, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Hanya dalam waktu kurang dari seminggu, koleksi NFT (non-fungible token) game Castlevania bertajuk "Konami Memorial NFT" yang dilelang oleh Konami, dilaporkan laris terjual.

Dari hasil lelang tersebut, publisher asal Jepang tersebut berhasil meraup keuntungan sebesar 157.600 dolar AS atau sekitar Rp 2,3 miliar (kurs saat artikel ditulis).

Angka tersebut merupakan pendapatan bersih yang telah dikantongi Konami, setelah sebelumnya mendapat potongan 2,5 persen dari setiap transaksi yang dilakukan di marksetplace NFT populer, OpenSea.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun Ke-35 Castlevania, Konami Rilis Koleksi NFT

Konami pertama kali melelang koleksi NFT Castlevania di marketplace NFT OpenSea pada 12 Januari lalu. Jajaran NFT ini dilelang dalam rangka merayakan hari jadi game Castlevania yang ke-35.

Setidaknya terdapat 14 karya seni yang mencakup cuplikan gameplay, background musik, hingga ilustrasi dari seri game Castlevania yang dirilis pada tahun 1986.

Dari beberapa item yang terjual, NFT karya "Castlevania - Dracula’s Castle Pixel Art", terjual dengan harga tertinggi, yakni sebesar 7.718 Ethereum atau setara 25.000 dolar AS (sekitar Rp 358,6 juta).

Baca juga: Banyak Bug di eFootball 2022, Konami Minta Maaf

Sementara itu, NFT "Castlevania - Dagger VS Frankenstein & Igor" menjadi koleksi NFT yang memiliki harga lelang termurah. Koleksi ini terjual dengan nilai Ethereum yang mencapai harga 7.000 dolar AS (sekitar Rp 100,4 juta).

Rata-rata, koleksi NFT Konami untuk seri Castlevania dijual sekitar 12.000 dolar AS (sekitar Rp 172,6 juta), berdasarkan pantauan situs Video Games Chronicle akhir pekan lalu.

Daftar koleksi NFT Castlevania yang dilelang Konami.Konami Daftar koleksi NFT Castlevania yang dilelang Konami.

Konami juga memberikan hak eksklusif dengan memajang nama-nama pembeli yang sudah memborong koleksi NFT tersebut di situs resmi Konami selama 10 bulan penuh.

Setiap pembeli yang sudah memiliki koleksi NFT Castlevania, juga mempunyai hak untuk kembali menjual koleksi NFT tersebut. Namun, Konami turut menetapkan royalti sebesar 10 persen untuk setiap koleksi NFT yang dijual kembali.

Baca juga: Steam Bakal Berhenti Edarkan Game Berbasis NFT dan Cryptocurrency

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.