Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Favorit, Bisa Atur Kontak dan Grup Penting

Kompas.com - 23/04/2024, 11:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp tampaknya kian serius menghadirkan fitur kontak atau grup favorit dalam aplikasi. Sebab, pembaruan terbaru untuk pengguna beta Android menunjukkan adanya opsi untuk mengelola kontak favorit.

Fitur ini awalnya terendus pada Maret lalu, lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.7.18. Saat itu, terlihat adanya fitur favorit pada tab panggilan di WhatsApp.

Nah, sekarang WhatsApp menyediakan opsi pengelola kontak atau grup favorit. Opsi ini tersedia dalam menu Pengaturan (Settings).

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Memindai Kode QR WhatsApp Web? Begini Penyebabnya

Menurut tangkapan gambar yang dibagikan WABetaInfo, situs yang kerap membocorkan fitur baru WhatsApp, opsi itu berada di antara opsi "Akun" dan "Privasi". Berdasarkan deskripsinya, opsi "Favorit" akan memudahkan pengguna mencari kontak atau grup penting di WhatsApp.

WhatsApp siapkan fitur kontak favoritWABetaInfo WhatsApp siapkan fitur kontak favorit

Dalam opsi yang sama, pengguna bisa menambah, menyusun ulang, hingga menghapus kontak maupun grup dari daftar favorit.

Perlu diketahui bahwa pengguna lain tidak akan menerima notifikasi ketika ditambahkan menjadi kontak favorit. Jadi kontak atau grup favorit hanya akan tersimpan di akun pengguna yang mengatur saja.

Dengan hadirnya opsi itu, pengguna juga akan lebih mudah menjangkau kontak penting yang masuk daftar favorit dari tab panggilan. Sebab, panggilan dari kontak atau grup favorit akan ditampilkan paling atas dari semua log panggilan.

Adapun saat ini, tab panggilan hanya menampilkan log panggilan berdasarkan panggilan terbaru.

Baca juga: Meta Umumkan Fitur Baru AI untuk WhatsApp dkk, Diklaim Lebih Pintar

Opsi pengelola kontak favorit digulirkan WhatsApp lewat pembaruan WhatsApp beta Android versi 2.24.9.19 di Play Store, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Giz China, Selasa (23/4/2024).

Namun perlu dicatat bahwa fitur kontak favorit ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga rincian mekanisme penggunaan atau ketersediannya masih belum dapat dipastikan. Menurut WABetaInfo, fitur itu bakal hadir lewat pembaruan yang akan datang.

WhatsApp maupun Meta sebagai induk perusahaan juga belum mengumumkan kisi-kisi kehadiran fitur ini untuk pengguna publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com