Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Tidak Bisa Memindai Kode QR WhatsApp Web? Begini Penyebabnya

Kompas.com - 21/04/2024, 13:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui penyebab yang menimbulkan beberapa masalah dalam mengoperasikan WhatsApp versi Web alias WhatsAPp Web. Salah satunya seperti penyebab tidak memindai kode QR WhatsApp Web.

Sebagaimana cukup umum diketahui, WhatsApp Web merupakan platform WhatsApp yang bisa diakses lewat browser. Untuk mengakses WhatsApp Web, pengguna perlu menautkan akun dari aplikasi WhatsApp utama di HP.

Baca juga: Cara Blur WhatsApp Web di Chrome dengan Privacy Extension for Whatsapp Web

Cara menautkannya adalah dengan memindai atau scan kode QR yang tertera di WhatsApp Web menggunakan kamera di aplikasi WhatsApp HP. Dalam kondisi normal, setelah memindai, pengguna bakal bisa langsung masuk ke WhatsApp Web.

Akan tetapi, pengguna bisa saja menjumpai masalah gagal scan kode QR WhatsApp Web. Saat gagal memindai, pengguna mungkin bakal kerepotan karena jadi tidak dapat masuk ke WhatsApp Web.

Masalah tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web biasanya bakal ditandai dengan munculnya pesan di layar aplikasi WhatsApp HP seperti ini “No Valid QR Code Detected” atau “Tidak ada kode QR valid yang terdeteksi”.

Lantaran masalah ini bakal cukup merepotkan, pengguna perlu mengetahui penyebab gagal scan kode QR WhatsApp Web. Lantas, kenapa tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, begini penjelasan penyebabnya.

Penyebab gagal scan kode QR WhatsApp Web

Ada beberapa penyebab tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web yang perlu diketahui. Misalnya, masalah ini bisa ditimbulkan karena terdapat kesalahan pengguna dalam memindai kode QR WhatsApp.

Kemudian, penyebab juga bisa datang dari kode QR WA yang telah usang. Selain itu, masih terdapat beberapa faktor lain yang menyebabkan masalah ini terjadi. Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab gagal scan kode QR WhatsApp Web adalah sebagai berikut.

1. Salah pindai kode QR WhatsApp

Penyebab tidak bisa memindai kode QR WhatsAPp Web yang pertama adalah terdapat kesalahan dalam memindainya. Kode QR WhatsApp harus dipindai sesuai fungsinya. Perlu diketahui, WhatsApp memiliki dua jenis kode QR.

Pertama, kode QR pada WhatsApp Web, yang dipakai buat menautkan akun dari aplikasi WhatsApp di HP. Kode QR WhatsApp Web bisa dipindai menggunakan kamera pada aplikasi WhatsApp di HP.

Kedua, kode QR pada profil akun WA. Kode QR ini berbeda fungsi dengan kode QR WhatsApp Web. Kode QR profil akun WA bukan untuk menautkan akun ke perangkat lain, melainkan untuk menambahkan kontak.

Dengan kode QR profil akun WA, pengguna bisa menambahkan kontak pengguna lain tanpa perlu memasukkan nomor teleponnya secara manual. Kode QR profil akun WA cukup dipindai dan pilihan menyimpan kontak secara otomatis bakal muncul.

Kode QR tersebut harus dipindai sesuai fungsinya. Jika hendak menambahkan kontak maka yang dipindai harus jenis kode QR profil akun. Bila hendak login di WhatsApp Web maka yang dipindai harus kode QR WhatsApp Web.

Seandainya salah memindai, misal ingin menambahkan kontak tetapi yang dipindai adalah kode QR WhatsApp Web, maka kode QR bakal tidak valid dan muncul tulisan “Tidak kode QR valid yang terdeteksi”, seperti gambar di bawah ini.

Ilustrasi masalah tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web dan muncul tulisan No Valid QR Code karena salah pemindaian.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi masalah tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web dan muncul tulisan No Valid QR Code karena salah pemindaian.

Kemudian, peringatan “No Valid QR Code” bisa muncul pula jika pengguna hendak login akun di WhatsApp Web tetapi yang dipindai adalah kode QR profil akun, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi masalah tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web dengan muncul tulisan Kode QR tidak valid karena pengguna ingin login WhatsApp Web tetapi yang dipindai adalah kode QR profil akun.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi masalah tidak bisa memindai kode QR WhatsApp Web dengan muncul tulisan Kode QR tidak valid karena pengguna ingin login WhatsApp Web tetapi yang dipindai adalah kode QR profil akun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com