Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Mengatasi Foto WhatsApp Tidak Bisa Tersimpan di Galeri HP, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 29/03/2024, 12:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui panduan dasar dalam mengatasi beberapa persoalan yang umum terjadi saat mengoperasikan aplikasi pesan instan WhatsApp atau biasa disingkat WA.

Salah satu panduan itu seperti cara mengatasi foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Perlu diketahui, dalam kondisi normal, pengguna yang menerima kiriman foto di WhatsApp bisa langsung menyimpannya.

Baca juga: Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

Saat foto diterima di WhatsApp, pengguna bisa menyimpannya secara manual atau otomatis. Jika otomatis, foto yang diterima bakal langsung tersimpan di galeri HP. Jika manual, pengguna dapat mengunduh foto itu dulu dan memilih opsi menyimpan ke galeri.

Akan tetapi, dalam kondisi lain, pengguna mungkin bakal menjumpai masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Ketika mengalami masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri, pengguna mungkin bakal kerepotan.

Pasalnya, saat masalah ini terjadi, pengguna jadi tidak bisa menyimpan foto-foto dari WhatsApp ke galeri HP, yang mungkin cukup penting untuk disimpan lebih lanjut.

Lantaran umum terjadi dan bakal merepotkan, pengguna perlu mengetahui cara mengatasi masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Lantas, bagaimana cara mengatasi foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri?

Jika tengah mengalami masalah foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP, tak usah panik dan khawatir. Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara mengatasi foto di WA tidak bisa masuk ke galeri HP.

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengatasi foto WA tidak bisa masuk ke galeri HP.

Penyebab foto di WA tidak bisa masuk ke galeri

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, pengguna penting untuk memahami dulu penyebab foto di WA tidak bisa masuk ke galeri HP. Lantas, kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri?

Terdapat beberapa penyebab kenapa foto di WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP. Penyebab itu bisa ditimbulkan dari beberapa faktor, seperti koneksi internet, pengaturan fitur di WhatsApp, dan kondisi memori penyimpanan HP.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal beberapa penyebab foto di WA tidak masuk ke galeri HP adalah sebagai berikut.

1. Koneksi internet yang kurang memadai

Semua akses layanan WhatsApp membutuhkan koneksi internet yang memadai, termasuk saat hendak menyimpan foto ke galeri HP. Dengan begitu, koneksi internet yang kurang memadai dapat menyebabkan foto WhatsApp tidak bisa tersimpan di galeri HP.

2. Kesalahan pengaturan tanggal dan waktu HP

Server WhatsApp tidak bisa diakses apabila terdapat kesalahan pengaturan tanggal dan waktu HP. Alhasil, salah mengatur tanggal dan waktu, foto yang terdapat di ruang obrolan WhatsApp tidak bisa diunduh dan disimpan ke galeri HP.

3. Fitur Auto Save mati

Fitur Auto Save memungkinkan agar foto di WhatsApp dapat terunduh secara otomatis. Seandainya fitur ini mati, foto tidak akan terunduh secara otomatis dan akhirnya tidak tersimpan di galeri HP.

4. Fitur penyimpanan ke galeri HP tidak aktif

Foto yang terunduh di WhatsApp pada dasarnya tidak langsung tersimpan di galeri HP. Bila fitur penyimpanan ke galeri HP dimatikan maka foto tersebut hanya terunduh dan tersimpan di aplikasi WhatsApp.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com