Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Kesan Menjajal Xiaomi 14 Ultra, Ponsel Terbaik Xiaomi

Kompas.com - 03/04/2024, 11:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Akhir Februari lalu, Xiaomi memperkenalkan ponsel teratas dari lini flagship Xiaomi 14 yang bernama Xiaomi 14 Ultra.

Berbeda dari Xiaomi 14 dan 14 Pro yang lebih dulu hadir di China, Xiaomi 14 Ultra langsung diluncurkan di pasaran internasional lewat acara yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Acara tersebut dihelat dalam waktu berdekatan dengan Mobile World Congress (MWC) 2024 di kota yang sama. Xiaomi pun membuka booth di ajang eksebisi tahunan seputar dunia telekomunikasi itu.

Baca juga: Xiaomi 14 Ultra Resmi Meluncur Global, Kameranya Pakai Lensa Leica dan Sensor Sony 1 Inci

Booth Xiaomi memajang aneka macam produk teranyar, termasuk Xiaomi 14 Ultra dan aksesori Photography Kit yang terbilang unik karena bisa menyulap ponsel jadi serupa kamera.

KompasTekno pun tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menjajal Xiaomi 14 Ultra dan merekam pengalamannya dalam sebuah video.

Ada grip, bisa pasang filter

Xiaomi 14 Ultra merupakan penerus langsung dari Xiaomi 13 Ultra. Desain keduanya pun identik, dengan ciri khas berupa modul kamera berbentuk bundar sehingga tampil beda dari versi reguler dan Pro.

Modul kamera berbentuk bundar itu ada maksudnya. Pengguna bisa menambahkan sebuah adapter filter thread di sekeliling modul kamera.

Gunanya tak lain untuk memasang filter seperti CPL atau ND berdiameter 67 mm sehingga menambah fleksibilitas pengguna dalam memotret.

Selain itu, dengan menambahkan aksesori Photography Kit yang berupa handgrip, penampilan Xiaomi 14 Ultra berubah menjadi layaknya kamera digital.

Baca juga: Menjajal Xiaomi 14 Ultra, HP Idaman Fotografer

Photography Kit pun memberikan beberapa kendali fisik, yakni tombol shutter, tombol record video, zoom lever, dan control dial yang bisa dikustomisasi untuk mengatur exposure compensation, ISO, atau parameter lain.

Satu fitur ekstra lainnya yang ditawarkan oleh Photography Kit adalah baterai terintegrasi berkapasitas 1.500 mAh untuk menambah daya tahan Xiaomi 14 Ultra.

HP idaman fotografer

Di luar Photography Kit yang sebenarnya merupakan pelengkap, kemampuan kamera Xiaomi 14 Ultra yang dikembangkan bersama pabrikan legendaris Leica termasuk paling mumpuni untuk ukuran smartphone.

Rangkaian kamera belakang terdiri dari kamera utama 50 MP (23 mm, f/1.6-f/4, OIS), kamera utlra wide 50 MP (12 mm, f/1.8), kamera telephoto (75 mm, f/1.8, OIS, 3x optical zoom), dan kamera telephoto periskop (120 mm, f/2.5, OIS, 5x optical zoom).

Meskipun resolusinya sama, keempat kamera belakang menggunakan sensor gambar berbeda. Sensor kamera utama adalah Sony LYT-900 yang berukuran 1 inci, sementara tiga kamera lainnnya memakai sensor Sony IMX858.

Baca juga: Video: Vlogging dengan Xiaomi 14 di Barcelona, Sebagus Apa Hasilnya?

Selain sensor berukuran besar, kamera utama Xiaomi 14 Ultra memiliki keistimewaan berupa stepless variable aperture alias bukaan lensa yang bisa disesuaikan, antara f/1.6 hingga f/4.

Sementara, keunikan dua kamera telephoto 3x dan 5x adalah memiliki floating lens group yang memungkinkan keduanya mengunci fokus dalam jarak sangat dekat, sehingga sekaligus berfungsi sebagai kamera "macro".

Kamera ultra wide memiliki aperture f/1.8 yang lebih lebar dibanding kamera sejenis di ponsel lain. Begitu pula kamera-kamera belakang lainnya di Xiaomi 14 Ultra, semuanya memiliki aperture lebar dan spesifikasi mumpuni sehingga bisa disebut sebagai HP idaman fotografer.

Video hands-on Xiaomi 14 Ultra oleh KompasTekno dapat disimak di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com