Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mengetahui Kontak yang Sering Dihubungi Pasangan di WhatsApp, Mudah

Kompas.com - 29/03/2024, 17:16 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna mungkin tertarik dengan cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangannya. Cara ini bakal cukup berguna untuk memastikan interaksi pasangan di WhatsApp berjalan dengan aman.

Cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangan dapat dilakukan tanpa perlu memakai aplikasi tambahan. Pengguna hanya perlu mendapatkan izin dan meminjam HP pasangan untuk melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp.

Baca juga: Ramai soal Status Telepon WhatsApp Tetap “Berdering” meski Nomor Tak Aktif, Benarkah?

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk melihat kontak yang sering dihubungi hanya dengan memakai fitur bawaan. Lantas, bagaimana cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp.

Cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp

Cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangan itu pada dasarnya cukup mudah. Terdapat beberapa pilihan cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengetahuinya.

Misalnya, untuk mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangan, pengguna bisa mengakses fitur Frequently Contacted yang ada di tindakan forward chat atau meneruskan pesan.

Kemudian, pengguna juga bisa mengakses fitur Frequently Contacted yang terdapat di menu pengaturan ekspor chat. Lewat fitur Frequently Contacted itu, pengguna dapat mengetahui kontak yang sering dihubungi pasangan di WhatsApp.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangan adalah sebagai berikut.

1. Cek dengan forward chat

Cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp yang pertama adalah dengan melakukan forward chat. Kemudian, pengguna bakal bisa melihat daftar kontak yang sering dihubungi atau Frequently Contacted. Adapun penjelasan caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka salah satu ruang obrolan di aplikasi WhatsApp secara bebas.
  • Kemudian, pilih dan klik salah satu chat di dalamnya dan pilih opsi “forward chat” atau “teruskan pesan”.
  • Setelah itu, bakal muncul kolom Frequently Contacted untuk melihat kontak individu atau grup yang sering dihubungi di WhatsApp.

Ilustrasi cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp melalui Frequently Contacted di forward chat.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp melalui Frequently Contacted di forward chat.

Baca juga: Tampilan WhatsApp Mendadak Berubah, Menu Chat Pindah ke Bawah, Bisakah Dikembalikan?

2. Cek melalui menu pengaturan ekspor chat

Cara yang kedua adalah dengan melalui menu pengaturan ekspor chat. Pengguna bisa membuka menu tersebut untuk melihat daftar Frequently Contacted. Adapun penjelasan cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp lewat ekspor chat adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Chat” dan klik opsi “Export Chat” atau “Ekspor Chat”.
  • Setelah itu, pengguna bakal bisa melihat kolom Frequently Contacted yang berisi daftar orang atau grup yang sering dihubungi di WhatsApp.

Ilustrasi cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp melalui Frequently Contacted di ekspor chat.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp melalui Frequently Contacted di ekspor chat.

3. Cek di pengaturan penyimpanan data WhatsApp

Cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp yang ketiga adalah melalui pengaturan penyimpanan data WhatsApp. Di pengaturan itu, pengguna bisa melihat kontak atau grup yang paling banyak menyimpan data WhatsApp.

Semakin banyak menyimpan data WhatsApp maka dapat mengindikasikan kontak atau grup itu sering berinteraksi dengan pasangan. Adapun penjelasan cara mengetahui kontak yang sering dihubungi di WhatsApp yang ketiga ini adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu “Settings”.
  • Kemudian, pilih menu pengaturan “Storage and Data” atau “Penyimpanan dan Data”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Manage Storage”.
  • Setelah itu, di kolom “Chats and Channels”, bakal muncul daftar kontak atau grup yang paling banyak menghabiskan penyimpanan secara berurutan.
  • Urutan teratas dari daftar tersebut dapat menjadi kontak atau grup yang paling sering berinteraksi dengan pengguna karena banyak mengirimkan pesan atau media, seperti foto, video, gambar, dan lainnya.

Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp melalui penyimpanan data WhatsApp.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp melalui penyimpanan data WhatsApp.

Baca juga: Cara Melacak Lokasi dan Identitas Orang Lain lewat WhatsApp, Mudah

Cukup mudah bukan cara mengetahui siapa saja yang sering dihubungi di WhatsApp oleh pasangan? Melalui cara di atas, pengguna bisa memastikan dengan siapa saja pasangannya sering berinteraksi di WhatsApp.

Untuk diketahui, cara di atas tentu tidak hanya dapat dilakukan ke pasangan, tetapi juga orang terdekat lainnya. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara melihat kontak yang sering dihubungi di WhatsApp dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com