Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Apple Intelligence yang Hadir lewat iOS 18

Kompas.com - 12/06/2024, 13:01 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mashable

KOMPAS.com - Dalam acara tahunan konferensi antar developer seluruh dunia alias WWDC 2024, yang digelar pada Selasa 11 Juni 2024, pabrikan iPhone, Apple resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbaru untuk iPhone, yakni iOS 18.

iOS 18 nantinya bakal membawa sejumlah peningkatan dan serangkaian fitur baru, termasuk kecerdasan buatan (AI) baru bernama Apple Intelligence yang dirancang untuk memberikan pengalaman personal kepada penggunanya.

Lantas apa saja fitur Apple Intelligence terbaru yang akan hadir di iOS 18 nantinya? Berikut ini lima di antaranya

1. Notifikasi prioritas

Ilustrasi otifikasi prioritas AppleApple Ilustrasi otifikasi prioritas Apple

Kabarnya, iPhone bakal mampu menempatkan notifikasi yang dianggap paling penting di bagian atas feed milik pengguna, lengkap dengan ringkasan dari notifikasi yang menumpuk di perangkat, sehingga lebih mudah dilihat.

Meski begitu, Apple sendiri belum menjelaskan secara rinci notifikasi seperti apa yang akan masuk ke dalam kriteria “paling penting" atau bagaimana iPhone milik pengguna nantinya akan memutuskan notifikasi mana yang paling penting.

Baca juga: Apple Rilis Aplikasi Kalkulator di iPad Setelah 14 Tahun, Ada Fitur Math Notes

2. Rewrite, Proofread dan Summarize

Pengguna iPhone yang ingin menulis e-mail akan dimudahkan dengan bantuan AI Apple. Pengguna bisa menyorot (highlight) email yang sudah ditulis dan memilih intonasi yang berbeda tergantung dengan situasinya.

“Mulai dari menyempurnakan surat pengantar, hingga menambahkan humor dan kreativitas pada undangan pesta, Rewrite membantu menyampaikan kata-kata yang tepat untuk memenuhi acara tersebut.” Kata Apple dalam lamannya.

AI tersebut pun dapat memeriksa tata bahasa, pilihan kata, struktur kalimat hingga menyarankan kata-kata yang lebih baik untuk pengguna ketika menulis di email, Notes atau aplikasi lainnya.

Fitur itu juga memungkinkan pengguna agar dapat memilih sekumpulan teks dan meminta AI untuk meringkasnya, baik dalam bentuk paragraf, daftar berpoin, maupun sebuah tabel.

Baca juga: Apple Rilis Aplikasi Passwords, Masuk ke Akun Online Jadi Lebih Gampang

3. Image playground

Gambar Image Playground Apple Apple Gambar Image Playground Apple

Apple Intelligence akan memungkinkan pengguna menciptakan gambar (image generation) sesuai keinginan dengan menggunakan prompt berbasis teks dan alat lainnya melalui aplikasi baru bernama Image Playground.

Fitur tersebut juga diklaim terintegrasi di dalam aplikasi pesan dan memungkinkan pengguna memilih gaya (animasi, ilustrasi, atau sketsa), menambahkan detail lewat teks, hingga menyisipkan elemen dari galeri foto pengguna.

Menurut Apple, lewat Image Playground di aplikasi pesan, pengguna dapat dengan cepat membuat gambar menyenangkan untuk teman-teman dan melihat saran konsep yang dipersonalisasi sesuai percakapan mereka.

“Semua gambar dibuat di perangkat, memberi pengguna kebebasan untuk bereksperimen dengan gambar sebanyak yang mereka inginkan.” Ujar Apple.

Baca juga: Apple Rilis MacOS Sequoia, Bawa Fitur iPhone Mirroring dan Gaming

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com