Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Perangkat yang Kebagian Apple Intelligence, dari iPhone hingga MacBook

Kompas.com - 11/06/2024, 18:32 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Pada acara Worldwide Developer Conference (WWDC) yang digelar 11 Juni 2024, raksasa teknologi Apple memperkenalkan fitur kecerdasan buatan (AI) generatif baru bernama Apple Intelligence untuk beragam perangkatnya, seperti iPhone, iPad hingga Mac.

Apple menjanjikan bahwa fitur AI generatif baru tersebut dirancang untuk memberikan pengalaman yang sangat personal dan dibangun dengan mengutamakan keamanan untuk pengguna perangkatnya.

"Yang paling penting, itu harus memahami Anda dan didasarkan pada konteks pribadi Anda, seperti rutinitas Anda, hubungan Anda, komunikasi Anda, dan banyak lagi," ujar CEO Apple, Tim Cook.

“Tentu saja, ini harus dibangun dengan privasi dari dasar ke tingkat yang lebih tinggi secara bersama-sama. Semua ini lebih dari sekadar kecerdasan buatan. Ini adalah kecerdasan pribadi, dan ini adalah langkah besar berikutnya bagi Apple,” tambah Cook.

Fitur Apple Intelligence juga menjamin privasi pengguna lewat pemrosesan data yang sebagian besarnya dilakukan secara lokal di perangkat menggunakan chip Apple terbaru, meskipun beberapa tugas berat masih akan tetap dilakukan di penyimpanan cloud.

Baca juga: Headset Apple Vision Pro Dijual ke Lebih Banyak Negara, Tetangga Indonesia Kebagian

Siri mendukung input teks

Berkat Apple Intelligence, Asisten AI Siri di iPhone bakal ditingkatkan dan tidak hanya mendukung input suara. Apple akan menambahkan dukungan teks, sehingga pengguna bisa mengetikkan perintah ke Siri melalui Apple Intelligence.

Apple Intelligence pun mampu memahami konteks pribadi pengguna. Misalnya, ketika pengguna bertanya kepada Siri, "Apakah saya memiliki rencana makan siang?", Siri akan memeriksa pesan pengguna untuk menentukan apakah ada rencana tersebut.

Selain Siri, Apple Intelligence akan diintegrasikan ke dalam sebagian besar aplikasi Apple. Dengan begitu, pengguna dapat meminta bantuan AI untuk menulis pesan di aplikasi Mail atau menggunakan smart replies untuk merespons pesan.

Dengan Apple Intelligence, pengguna dapat membuat emoji baru menggunakan fitur Genmoji. Apple juga menyediakan generator gambar bernama Image Playground yang memungkinkan pengguna membuat gambar baru berdasarkan deskripsi yang diberikan.

Apple Intelligence juga memungkinkan pembuatan video dari klip pengguna hanya dengan mengetik apa yang ingin dilakukan. Pengguna pun dapat menambahkan lagu dari Apple Music ke dalam video tersebut.

Baca juga: Apple Resmi Suntikkan ChatGPT ke Siri

iPhone 15 ke bawah tak dapat menggunakan Apple Intelligence

Nah, kabarnya, Apple Intelligence bakal hadir pada perangkat buatan Apple dengan sistem operasi (OS) terbaru seperti iOS 18, iPadOS 18, macOS Sequoia, serta akan tersedia secara cuma-cuma alias gratis di berbagai OS tersebut.

Namun, untuk bisa menggunakan fitur Apple Intelligence, Apple mengungkapkan bahwa perangkat yang didukung harus memiliki chip A17 Pro atau M-chip.

Ini berarti, chip A16 bionic atau yang lebih lawas, yang terdapat di iPhone 15 model reguler hingga iPhone keluaran sebelumnya, seperti iPhone 14 dan seterusnya, tidak akan dapat menggunakan fitur baru dari Apple tersebut.

Lalu gadget Apple mana saja yang bakal kebagian dari fitur Apple Intelligence ? Berikut adalah daftar perangkat yang akan mendukung Apple Intelligence:

  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Pro Max
  • iPad Air M1 atau versi yang lebih baru
  • iPad Pro M1 atau versi yang lebih baru
  • MacBook Air M1 atau versi yang lebih baru
  • MacBook Pro M1 atau versi yang lebih baru
  • iMac M1 atau versi yang lebih baru
  • Mac mini M1 atau versi yang lebih baru
  • Mac Studio M1 Max atau versi yang lebih baru
  • Mac Pro M2 Ultra atau versi yang lebih baru

Baca juga: Apple Rilis Apple Intelligence, AI Generatif untuk iPhone, iPad, dan Mac

Itulah daftar perangkat yang bakal mendapatkan fitur Apple Intelligence. Meskipun belum ada tanggal rilis resmi, Apple Intelligence kabarnya bakal tersedia dalam versi beta di pembaruan iOS 18 dan macOS Sequoia pada akhir tahun ini.

Dalam acara WWDC, Apple juga mengonfirmasi, bahwa chatbot ChatGPT buatan perusahaan AI OpenAI yang didukung dengan model bahasa besar (LLM) GPT-4o, bakal dibangun ke dalam Siri.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bgr, Selasa (11/6/2024),  Craig Federighi, SVP Apple mengatakan bahwa integrasi ChatGPT akan tersedia akhir tahun ini, sambil mengonfirmasi bahwa model AI lainnya akan menyusul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com