Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Gelar AI Summit di Jakarta, Pamer Kemampuan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 31/05/2024, 09:29 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel tak ketinggalan tren AI yang tengah mengemuka di dunia teknologi. Pabrikan prosesor tersebut menggelar AI Summit pertama di Jakarta pada Rabu (30/5/2024).

Dalam konferensi bertema "Bringing AI Everywhere" itu, Intel mempertemukan berbagai pihak dari kalangan pemain industri, vendor software independen, hingga kreator konten dalam rangka mendorong pengembangan dan adopsi AI.

Dalam sambutannya, Country Manager Intel Indonesia Harry K. Nugraha mengatakan bahwa upaya bersama diperlukan untuk mewujudkan tujuan akhir dari AI, yakni meningkatkan kesejahteraan semua orang.

Baca juga: Intel Luncurkan Core i9-14900KS, CPU Desktop dengan Kecepatan Clock 6,2 GHz

"AI tidak sederhana, melainkan kompleks," ujar Harry ketika berbicara di panggung acara. "Kita harus bekerja sama karena ini tidak bisa dilakukan sendirian."

Menurut Harry, pengembangan AI memerlukan dukungan tenaga kerja dengan penguasaan keahlian teknis dan softskill yang sesuai. Intel disebutnya ikut mendorong aspek sumber daya tersebut di Indonesia lewat program "Digital Readines" yang bergulir sejak 2020.

"Lebih dari 7.000 orang siswa SMA sudah dirangkul lewat program Intel Digital Readiness ini. Kami juga bekerja sama dengan sejumlah universitas," ucapnya.

Pamer hardware kecerdasan buatan

Dalam AI Summit yang berlangsung sepanjang hari tersebut, Intel turut mendemonstrasikan teknologi kecerdasan buatan serta portfolio Edge AI Solutuions, Open Scalable Solutions, dan AI Software.

VP Sales and Marketing Group of Intel Southeast Asia, Australia, and New Zealand Jen Baile mengeklaim bahwa Intel adalah satu-satunya perusahaan yang menawarkan spektrum penuh hardware dan software untuk AI.

"Kami baru saja mulai membuka potensi AI yang sangat besar untuk meningkatkan kehidupan semua orang di mana saja," ucap Baile.

Suasana Intel AI Summit di Jakarta (30/5/2024), di bagian pabrikan laptop rekanan IntelKOMPAS.com/ OIK YUSUF Suasana Intel AI Summit di Jakarta (30/5/2024), di bagian pabrikan laptop rekanan Intel

Selain software, kemampuan AI dari sejumlah hardware Intel ikut dipamerkan dalam acara, termasuk akselerator AI Intel Gaudi dan prosesor Intel Xeon Generasi Kelima untuk data center, hingga prosesor Intel Core Ultra di ranah consumer.

Intel Gaudi 3 sebagai generasi terbaru menjanjikan kinerja komputasi AI hingga empat kali lipat lebih besar (BF16), peningkatan bandwidth memori 1,5 kali, dan bandwidth jaringan 2 kali lipat dibandingkan pandahulunya untuk mengakselerasi training dan inferencing AI.

Baca juga: Intel Umumkan Chip AI Gaudi 3, Klaim Lebih Kencang dari Nvidia H100

Sedangkan, prosesor Intel Xeon Generasi Kelima disebut memberikan kinerja lebih baik bagi pelanggan yang menjalankan kemampuan AI di use case cloud, jaringan dan edge, selagi meningkatkan performa per watt dan menghasilkan biaya kepemilikan lebih rendah.

Prosesor ini kompatibel baik secara software maupun platform dengan prosesor Intel Xeon Generasi Keempat. "Intel Xeon Genrasi Kelima adalah CPU data center terbaik untuk keperluan AI," ujar Baile ketika menjelaskan produk-produk data center Intel untuk AI.

Core Ultra menghemat waktu pekerja kreatif

Adapun Intel Core Ultra yang ditujukan untuk laptop merupakan perosesor pertama yang dibangun dengan teknologi fabrikasi Intel 4 dan turut dibekali dengan Neural Processing Unit (NPU) untuk menjalankan tugas-tugas AI, di samping CPU dan GPU terintegrasi.

Dengan adanya NPU, laptop berprosesor Intel Core Ultra pun sanggup menjalankan berbagai skenario AI secara lokal di perangkat, termasuk untuk keperluan pengembangan software hingga kreasi konten yang memanfaatkan kecerdasan buatan.

Demonstrasi laptop berprosesor Intel Core Ultra dalam menjalankan software development berbasis AI di Intel AI Summit Jakarta (30/5/2024), dalam hal ini untuk pengenalan obyek lewat kameraKOMPAS.com/ OIK YUSUF Demonstrasi laptop berprosesor Intel Core Ultra dalam menjalankan software development berbasis AI di Intel AI Summit Jakarta (30/5/2024), dalam hal ini untuk pengenalan obyek lewat kamera

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com