Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acer Predator Helios Neo 16 Resmi di Indonesia, Pakai Prosesor Intel Core HX Gen 14

Kompas.com - 10/03/2024, 08:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Acer merilis laptop gaming terbarunya, Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-72) di Indonesia.

Laptop gaming ini merupakan versi baru dari Acer Predator Helios Neo 16 (PHN16-71) yang pertama kali dirilis di Tanah Air pada Mei 2023.

Sebagai suksesor, Predator Helios Neo 16 teranyar ini ditenagai oleh prosesor Intel Core HX series generasi ke-14, dengan arsitektur hybrid Intel Performance. Ini berbeda dari model PHN16-71 yang mengandalkan Intel Core HX series generasi ke-13.

Prosesor yang "naik level" ini disebut menghadirkan kemampuan multi tasking dan peningkatan performa yang lebih tinggi, baik untuk bermain game, streaming video, menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), maupun bekerja.

"Laptop dengan performa tinggi ini kami hadirkan untuk menjadi pilihan yang cocok bagi para content creator, dalam melakukan aktivitas editing, rendering, hingga kebutuhan AI," kata Theresia Hanydawati selaku Head of Products Acer Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Minggu (10/3/2024).

Untuk performa, Acer Predator Helios Neo 16 dilengkapi dua pilihan unit pengolah grafis (GPU) yakni Nvidia GeForce RTX 4060 atau RTX 4070 yang mutakhir. GPU ini mendukung teknologi Deep Learning Super Sampling (DLSS) 3.5.

Baca juga: Lenovo Pamer ThinkBook Transparent Display, Laptop dengan Layar Transparan

Bagi yang belum familier, DLSS 3.5 menghadirkan ray tracing yang lebih realistis berkat fitur Ray Reconstruction. Visual dalam game dipercantik berkat bantuan kecerdasan buatan.

Ray tracing itu sendiri merupakan teknik rendering tiga dimensi (3D) untuk memvisualisasikan refleksi cahaya dan efek sinematik secara real time dalam game. Tampilan game seperti pantulan cahaya matahari bakal terlihat lebih memukau.

Selain Nvidia GeForce RTX 40 series, teknologi DLSS 3.5 juga bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki Nvidia GeForce RTX 20 dan 30 series. Game yang didukung DLSS 3.5 mencakup Cyberpunk 2077, Alan Wake 2, Portal with RTX, dan lain seterusnya.

Dengan prosesor dan kartu grafis yang mumpuni ini, Acer menghadirkan sistem pendingin yang membuat laptop ini tetap nyaman digunakan saat bermain game dan bekerja.

Adapun sistem yang dimaksud merupakan teknologi kipas 3D AeroBlade generasi kelima, liquid metal thermal, dan vector heat pipes, yang diklaim memastikan kinerja tingkat atas yang konsisten, bahkan pada momen panas, dengan airflow lebih baik hingga 55 persen.

"Predator Helios Neo 16 terbaru dirancang untuk meningkatkan pengalaman komputasi dan bermain game pengguna. Kami optimistis, produk baru ini bisa menjadi pilihan tepat bagi gamer maupun kreator konten yang membutuhkan laptop dengan performa terbaik," imbuh Theresia.

 

Tampilan Acer Predator Helios Neo 16 yang meluncur di IndonesiaAcer Indonesia Tampilan Acer Predator Helios Neo 16 yang meluncur di Indonesia
Spesifikasi Acer Predator Helios Neo 16

Spesifikasi Acer Predator Helios Neo 16 lainnya, laptop ini hadir dengan layar 16 inci dengan resolusi WQXGA (2.560 piksel x 1.600 piksel), rasio aspek 16:10, refresh rate 240 Hz, dan cakupan gamut warna DCI-P3 100 persen. Ada juga webcam meski resolusinya tidak diumbar.

Sebagai perbandingan, laptop gaming Helios Neo 16 versi sebelumnya memiliki refresh rate yang mentok pada 165 Hz saja. Refresh rate yang tinggi membuat layar menjadi makin mulus misalnya saat berpindah dari satu tab ke tab lain, multi tasking, dan bermain game.

Beralih ke bodi, perangkat gaming ini memiliki keyboard full-size, sehingga pengguna bisa memanfaatkan tombol Numpad yang diletakkan di sebelah kanan.

Baca juga: Acer Umumkan 4 Monitor OLED dan MiniLED Baru, Ukuran hingga 57 Inci

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com