Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qualcomm Klaim Snapdragon X Elite Lebih Kencang dari Intel Core Ultra

Kompas.com - 04/04/2024, 16:03 WIB
Ristiafif Naufal,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber PCWorld


KOMPAS.com -
Perusahaan teknologi Qualcomm mengeklaim bahwa chip PC Snapdragon X Elite dengan arsitektur ARM miliknya lebih cepat dibandingkan chip Core Ultra (x86) baru dari Intel.

Dalam sebuah briefing kepada jurnalis awal pekan ini, eksekutif Qualcomm menyajikan perbandingan daya dan performa antara chip Snapdragon X Elite dan Intel Core Ultra, guna menguji kebolehan chip buatannya.

Qualcomm menggunakan Benchmark Geekbench 6.2 sebagai tolak ukur pengujian daya dan performa SoC. Pembandingnya adalah Intel Core Ultra 7 155H di laptop Asus Zenbook 14 OLED dan Intel Core Ultra 9 185H di laptop Asus ROG Zephyrus G1.

Baca juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon X Elite, Chip 12 Core untuk Laptop

Perbandingan performa single thread (kiri) dan multi thread (kanan) dari chip Snapdragon X Elite dengan chip Intel Core Ultra 7 155H.PCWorld Perbandingan performa single thread (kiri) dan multi thread (kanan) dari chip Snapdragon X Elite dengan chip Intel Core Ultra 7 155H.

Performa single-threaded Snapdragon X Elite 54 persen lebih cepat daripada Core Ultra 7 155H dengan penggunaan daya yang sama. Untuk tingkat performa yang sama, Snapdragon X Elite mengonsumsi daya 65 persen lebih sedikit.

Sementara itu, untuk performa multi-threaded, Snapdragon X Elite 52 persen lebih cepat dari Core Ultra 7 155H di tingkat konsumsi daya yang sama, atau ketika performa disamakan, konsumsi dayanya 60 persen lebih sedikit.

Dalam hal olah grafis, ketika menggunakan benchmark UL 3DMark Wild Life Extreme, Snapdragon X Elite 36 persen lebih cepat ketimbang Core Ultra 7 155H pada daya yang sama, dan mengonsumsi daya 50 persen lebih rendah jika performanya disamakan.

Perbandingan performa single thread (kiri) dan multi thread (kanan) dari chip Snapdragon X Elite dengan chip Intel Core Ultra 9 185H.PCWorld Perbandingan performa single thread (kiri) dan multi thread (kanan) dari chip Snapdragon X Elite dengan chip Intel Core Ultra 9 185H.

Perbandingannya dengan Core Ultra 9 185H juga menunjukkan selisih cukup signifikan. Performa single-threaded Snapdragon X Elite 51 persen lebih cepat dan dengan performa yang sama mengonsumsi daya 65 persen lebih sedikit dibandingkan Core Ultra 9 185H.

Sementara itu, sebagiamana dihimpun KompasTekno dari PC World, Kamis (4/4/2024), untuk performa multi-threaded, Snapdragon X Elite 41 persen lebih cepat dan dengan performa yang sama mengonsumsi daya 58 persen lebih sedikit dibanding Core Ultra 9 185H.

Klaim kalahkan M3 dan bisa jalankan game

Qualcomm masih belum menentukan daya tahan baterai yang tepat untuk platform Snapdragon X Elite ini karena hal tersebut dipengaruhi juga oleh ukuran baterai, beban kerja dan faktor lainnya.

Mereka menyebutkan bahwa daya tahan baterai “multiday” mungkin tercapai dengan Snapdragon X Elite, karena penggunaan chip Snapdragon X Elite dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 40 persen dibanding prosesor Intel.

Pada Oktober lalu, Qualcomm menunjukkan Snapdragon X Elite dapat menyamai Intel Core i9-13980HX dengan daya lebih rendah 70%. Namun, perbandingan kinerja dengan Intel Core HX generasi ke-14 belum disebutkan kali ini.

Qualcomm juga mengatakan bahwa core Oryon dalam Snapdragon X Elite mampu mengungguli prosesor M3 Apple sebesar 22 persen, dengan nilai 15.610 poin berbanding 12.154 poin menggunakan Geekbench 6.2.

Baca juga: Chip Qualcomm Snapdragon X Elite Ternyata Kuat Jalankan Game PC

Beberapa waktu lalu, Qualcomm mendemonstrasikan Snapdragon X Elite kepada influencer di San Diego, AS, di acara "eXperience Day". Hal itu dibuktikan dalam unggahan para influencer yang menunjukkan Snapdragon X Elite menjalankan sejumlah game triple-A PC.

Misalnya, video Devin Arthur dalam sebuah posting di X (dahulu Twitter), memperlihatkan game Baldur's Gate 3 berjalan dengan frame rate 30 fps pada resolusi 1080p di laptop berbasis Snapdragon X Elite.

Selain itu ada game lain juga, seperti Control, yang bisa dijalankan dengan frame rate sekitar 30-40 fps, meskipun bisa turun ke kisaran 20 fps di adegan-adegan intens seperti pertempuran.

Kemampuan Snapdragon X Elite menjalankan game PC cukup signifikan mengingat chip ini memiliki arsitektur ARM, sementara game Windows dirancang untuk berjalan di prosesor dengan arsitektur x86 seperti buatan Intel dan AMD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com