Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Fitur HMD 105 dan HMD 110 Dirilis, Kembaran Nokia 110 dan Nokia 105

Kompas.com - 12/06/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Human Mobile Devices (HMD), pemegang lisensi resmi ponsel merek Nokia, semakin rajin menelurkan HP keluarannya sendiri.

Setelah merilis smartphone merek sendiri pada April lalu, kali ini HMD mengumumkan dua feature phone alias ponsel fitur di India, disebut HMD 105 dan HMD 110.

Desain kedua ponsel baru HMD ini cukup mirip dengan Nokia 110 dan Nokia 105, karena bodinya yang memiliki sudut menyiku. Hanya saja, desain tombolnya dibuat agak berbeda, di mana tombol HMD 105 dan HMD 110 didesain cukup renggang dibanding ponsel Nokia tadi.

Seperti ponsel fitur pada umumnya, HMD 105 dan HMD 110 dibekali beberapa kemampuan dasar, seperti berkirim SMS, membuat panggilan telepon, kamera digital, media player, dan akses internet.

Namun HMD menyematkan sentuhan modern dengan menyediakan aplikasi UPI yang memungkinkan pengguna ponsel di India, bertransaksi dengan mudah dari ponsel. Integrasi UPI di HMD 105 dan HMD 110 juga memudahkan pengguna bertransaksi tanpa perlu akses internet.

Lewat ponsel ini, HMD memang bertujuan menjembatani kesenjangan digital dan meningkatkan akses keuangan bagi pengguna ponsel fitur.

Baca juga: 7 Smartphone HMD Pertama Tanpa Merek Nokia

Fitur modern lainnya yaitu dukungan voice assistant, tetapi perintah yang didukung asisten suara ini belum begitu dirinci perusahaan.

Kedua ponsel ini juga hadir dengan layar cukup besar serta dibekali kamera belakang. Sayangnya ukuran layar maupun resolusi kameranya belum dibeberkan HMD.

Ponsel fitur HMD 105HMD Ponsel fitur HMD 105

Dua ponsel baru HMD ini menawarkan daya tahan yang lama, sampai 18 hari. Ketahanan tersebut didukung baterai berkapasitas 1.000 mAh yang menyertai ponsel.

Bodi ponsel ini juga terbilang tangguh karena HMD memasang rangka tambahan di dalam perangkat, sebelum ditutup dengan penampang.

Baca juga: HMD Bikin Smartphone Mirip Nokia Lumia

HMD 105 dan HMD 110 juga dibekali fitur lain, meliputi dukungan sampai 23 bahasa, perekaman panggilan secara otomatis, serta MP3 Player. Ponsel ini juga dibekali fitur radio FM baik lewat kabel maupun nirkabel.

Spesifikasi HMD 105 dan HMD 110 lainnya masih belum terungkap. Kedua ponsel ini dijadwalkan tersedia pada 11 Juni 2024. Namun pantauan KompasTekno, kedua ponsel itu belum muncul di situs HMD India hingga hari ini, Rabu (12/6/2024).

Yang jelas, HMD 105 hadir dalam tiga opsi warna, yakni hitam, ungu dan biru. Sementara HMD 110 hadir dalam warna hitam dan hijau, dilansir Gizmochina. Rincian harganya sebagai berikut:

  • Harga HMD 110 - 1.119 rupe (sekitar Rp 210.000)
  • Harga HMD 105 - 999 rupe (sekitar Rp 195.000)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com