Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HMD Bikin Smartphone Mirip Nokia Lumia

Kompas.com - 25/05/2024, 12:01 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan pemegang lisensi merek Nokia, Human Mobile Devices (HMD) Global disinyalir tengah menyiapklan smartphone dengan desain berbentuk kotak alias "Fabula" khas ponsel seri Nokia Lumia

Kabar ini berasal dari pembocor gadget yang kerap membocorkan perangkat terbaru HMD dengan tepat, yaitu HMD Meme (@smashx_60), melalui media sosial X (dahulu Twitter). 

Dalam posting yang diunggah, perangkat terbaru HMD tersebut tampak punya warna solid mirip HP Nokia seri Lumia.

Keempat ujung sisinya berbentuk siku-siku alias mengkotak (squared), tidak membulat (rounded) seperti ponsel kebanyakaan saat ini. Selain warna merah muda, konon ada pula warna biru, hijau, dan kuning.

Nah, desain seperti "cokelat batangan" ini bisa dibilang mirip dengan beberapa model ponsel Nokia Lumia, seperti Lumia 800, Lumia 920, hingga Lumia 1020.

Baca juga: Akhir Hayat HP Lumia, Microsoft Setop Toko Aplikasi Windows 10 Mobile

Masih soal desain, terlihat pula bagian bingkai ponsel ini dihiasi dengan warna merah muda, dan di bagian depannya terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfie.

Pada bagian punggung, terdapat modul kamera kotak yang memuat sekiranya tiga kamera belakang, serta logo "HMD" desain terbaru yang diletakkan tepat di tengah perangkat. 

Selain desain, HMD Meme juga membocorkan nama model perangkat, spesifikasi, hingga kisaran waktu peluncuran perangkat HMD yang memiliki desain Fabula ini. 

Menurut informasi yang didapat HMD Meme, ponsel ini memiliki nama kode HMD "Tomcat" dan punya layar PureDisplay AMOLED Full HD Plus dengan refresh rate 120 Hz dan dukungan HDR 10 Plus.

Ponsel ini disebut akan ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB atau 256 GB. 

Baca juga: Sosok Ponsel Lumia Bezel Tipis yang Tak Jadi Meluncur

Di sektor kamera, HMD Model Tomcat kabarnya bakal dibekali dengan tiga kamera belakang, dengan kamera utama yang memiliki resolusi 108 MP dan mendukung penstabil gambar optik (OIS).

Dua kamera lainnya adalah kamera ultrawide dan depth sensor yang resolusinya belum dapat diketahui. Di bagian depan, ada kamera selfie yang konon memiliki resolusi 32 MP. 

Fitur pendukung lainnya di perangkat terbaru HMD yang mirip Nokia Lumia ini mencakup baterai 4.900 mAh dengan dukungan pengisian cepat 33 watt, sistem operasi Android 14, tingkat ketahanan air dan debu IP67, NFC, Dual Speaker, dan masih banyak lagi. 

Menurut HMD Meme, ponsel ini kemungkinan akan diperkenalkan HMD Global pada Juli mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari X.com, Sabtu (25/5/2024).

Belum bisa dipastikan apakah desain, nama, spesifikasi, dan bulan peluncuran ponsel terbaru HMD yang diumbar HMD Meme di atas akurat atau tidak. Kita nantikan saja kepastiannya dalam beberapa waktu ke depan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com