Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Akhirnya Bisa Video Call 32 Orang di Laptop, Ada Fitur Baru Mirip Zoom

Kompas.com - 14/06/2024, 11:21 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - WhatsApp menghadirkan sejumlah fitur baru, khususnya fitur yang akan menambah pengalaman pengguna saat melakukan panggilan video, alias video call.

Salah satu fitur baru WhatsApp itu memperluas batas peserta video call di aplikasi versi desktop menjadi hingga 32 orang. Semula, WhatsApp desktop di Windows hanya mendukung 16 peserta saja dalam satu video call, sementara di macOS menampung 8 peserta saja.

Dukungan video call sampai 32 orang sebenarnya tidak begitu baru untuk pengguna WhatsApp mobile karena sudah tersedia sejak akhir tahun 2022.

Namun kini WhatsApp memperluas dukungan tersebut ke versi desktop. Dengan begitu, pengguna bisa saling mengobrol atau berdiskusi ke lebih banyak pengguna lewat WhatsApp, dari lintas perangkat, baik itu smartphone maupun laptop.

Baca juga: Cara Menghilangkan Perangkat Tertaut pada WhatsApp dengan Mudah

Selain memperluas kapasitas anggota dalam satu video call, WhatsApp juga menambahkan aneka fitur baru lain terkait panggilan video.

Kini pengguna bisa berbagi layar dengan audio sekaligus. Artinya, pengguna bisa berbagi konten, misalnya cuplikan video atau film berikut audionya. Menurut pihak WhatsApp, dukungan ini cocok untuk menonton video bersama.

Fitur baru mirip Zoom

Kemudian WhatsApp menyertakan fitur "speaker spotlight", yang akan menyoroti (highlight) peserta video call yang sedang berbicara, secara otomatis, atau menampilkannya di paling depan.

Dengan begitu, pembicara dalam panggilan video bisa mendapat perhatian lebih dari audiens.

Deretan fitur itu membuat pengalaman video call WhatsApp makin mirip dengan platform konferensi video macam Zoom. Sebab, Zoom juga menawarkan fitur-fitur itu cukup lama.

Peningkatan lainnya yaitu dukungan codec Meta Low Bitrate (MLow) di WhatsApp. Induk WhatsApp, Meta, menambahkan codec ini ke aplikasi pesan instannya guna meningkatan kualitas panggilan WhatsApp, meski pengguna memakai perangkat lawas atau jaringan yang kurang memadai.

Baca juga: Pengguna iPhone Kini Bisa Share Screen Video Call WhatsApp dengan Audio

Sebelumnya, Meta memakai codec open-source Opus di semua layanan komunikasi real-time perusahaan. Nah, dibanding Opus, MLow diklaim memberikan kualitas audio dua kali lipat serta kompleksitas komputasi yang 10 persen lebih rendah.

Selain WhatsApp, Meta juga sudah menambahkan codec itu ke Instagram dan Messenger, dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (14/6/2024).

Perpanjang pesan suara di Status WhatsApp

Akhir Mei lalu, WhatsApp juga menambahkan fitur baru dengan meningkatkan durasi pesan suara (voice status) dari semula 30 detik menjadi satu menit. Dukungan ini digulirkan WhatsApp untuk pengguna iOS dan Android.

WhatsApp Status sendiri adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengunggah berbagai konten, termasuk foto, video, dan pesan suara. Fitur ini mirip seperti Instagram Stories (IG Stories) karena konten yang diunggah akan hilang dalam 24 jam.

Pantauan KompasTekno, fitur status pesan suara yang lebih panjang ini sudah tersedia di WhatsApp di ponsel Android kami, tepatnya versi 2.24.10.85.

Jika ingin menggunakannya, pastikan pengguna sudah memperbarui aplikasi WhatsApp secara manual di Android lewat Play Store, dan di iOS lewat App Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com