Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat Honor Magic V Flip Meluncur dengan Cover Screen Besar

Kompas.com - 14/06/2024, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Honor meluncurkan ponsel lipat baru, disebut Honor Magic V Flip.

Magic V Flip menjadi ponsel lipat pertama Honor dengan gaya lipat seperti cangkang kerang atau disebut clamshell, sebagaimana Samsung Galaxy Z Flip series atau Oppo Find N Flip.

Magic V Flip sekaligus menambah katalog ponsel lipat Honor dari lini seri Magic V series sebelumnya, dengan gaya lipat menyerupai buku. Salah satunya yaitu Honor Magic V2 yang rilis Juli 2023.

Agak berbeda dengan ponsel lipat clamshell kekinian lainnya, Magic V Flip membawa gebrakan yang cukup menarik, yaitu layar luar alias cover screen yang cukup besar. Ukurannya mencapai 4 inci, nyaris memenuhi separuh bagian belakang ponsel.

Baca juga: Ponsel Honor 200 dan 200 Pro Resmi, Chip Snapdragon 8s Gen 3 Fast Charging 100 Watt

Umumnya, ponsel lipat sejenis menawarkan layar luar di bawah 4 inci. Galaxy Z Flip 5 misalnya, dilengkapi layar sekunder 3,4 inci dan Oppo Find N3 Flip layar luarnya berukuran 3,26 inci. Ponsel lipat sejenis generasi sebelumnya bahkan memiliki layar sekunder di bawah 2 inci.

Berkat ukurannya yang cukup besar, layar luar Magic V Flip bisa dipakai untuk menonton video 16:9 disertai tombol putar di bawahnya.

Selain keunggulan itu, Honor Magic V Flip juga dilengkapi aneka fitur lainnya, termasuk kamera depan dan belakang beresolusi masing-masing 50 MP.

Spesifikasi Honor Magic V Flip

Tidak hanya ukuran layarnya yang besar, layar luar ponsel ini juga dilengkapi beragam fitur yang mumpuni. Mulai dari panel layar LTPO OLED, resolusi 1.092 x 1.200 piksel, kerapatan piksel 405 ppi, refresh rate 120 Hz, hingga kecerahan maksimum 1.600 nit.

Layar ini juga mendukung fitur Always on Display (AoD) dan bisa menjalankan berbagai aplikasi tanpa perlu membuka layar utama.

Beralih ke layar utama alias layar dalamnya, Honor Magic V Flip dilengkapi layar LTPO OLED 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, rasio aspek 21:9, serta refresh rate 120 Hz. Berbeda dari layar luarnya, layar utama ponsel lipat ini mendukung kecerahan puncak sampai 3.000 nit.

Ponsel lipat Honor Magic V FlipHonor Ponsel lipat Honor Magic V Flip

Soal lipatannya, layar ponsel ini terlihat rata dengan efek lipatan yang minim. Honor Magic V Flip memakai mekanisme engsel eksklusif yang dikembangkan oleh Honor sendiri dengan komponen baja ringan serta rangka aluminium.

Baca juga: Honor dan Huawei Kuasai Pasar HP China, Apple Terpuruk

Pada aspek kamera, Magic V Flip dibekali kamera belakang ganda, terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9) dengan sensor Sony IMX906 dan fitur stabilisasi OIS, serta kamera ultrawide 12 MP yang sekaligus berfungsi sebagai kamera makro.

Sama seperti kamera utamanya, kamera depan ponsel lipat ini juga dibekali resolusi 50 MP, didukung sensor Sony IMX816.

Dapur pacu smartphone ini ditenagai chipset lawas keluaran tahun 2022, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1. Chip ini dipadukan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan (storage) yaitu 12/256 GB dan 16 GB/1 TB.

Ponsel lipat Honor Magic V FlipHonor Ponsel lipat Honor Magic V Flip

Daya tahan Magic V Flip ditunjang baterai berkapasitas 4.800 mAh disertai fast chraging 66 watt.

Magic V Flip menjalankan sistem operasi Android 14 dan dilapisi antarmuka MagicOS 8.0.

Baca juga: Honor Pad 9 Pro Meluncur, Tablet dengan Layar 144 Hz dan Baterai Jumbo

Harga Honor Magic V Flip

Magic V Flip dirilis di China dalam tiga opsi warna yaitu Iris Black, Camelia White dan Champagne Pink.

Namun Honor juga menyediakan warna ekslusif edisi terbatas, disebut warna Jimmy Choo, dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (14/6/2024). Rincian harganya sebagai berikut.

  • Honor Magic V Flip 12/256 GB - 4.999 yuan (sekitar Rp 11,2 juta)
  • Honor Magic V Flip 16/512 GB - 5.999 yuan (sekitar Rp 13,4 juta)

Belum diketahui apakah Honor akan membawa ponsel lipat anyarnya ini ke pasar internasional atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com